Dinsos Sleman Siapkan Hadiah Total Rp 148 Juta, untuk Apa?

331
Kepala Dinsos Sleman Sri Murni Rahayu (dua dari kanan) memberikan penjelasan dalam konferensi pers di RM Pecel Blora, Jumat (23/02/2018).

KORANBERNAS.ID – Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Sleman saat ini menyiapkan hadiah total sebesar Rp 148,5 juta. Penghargaan ini diberikan sebagai bentuk apresiasi dari pemerintah atas dedikasi para pekerja sosial yang mengabdi di masyarakat selama ini.

Kegiatan bernama Evaluasi Pilar-pilar Kesejahteraan Sosial Berprestasi kali ini digelar dalam rangka memperingati Hari Jadi ke-102 Kabupaten Sleman.  “Tujuan diselenggarakannya kegiatan ini untuk memberikan penghargaan dan  apresiasi kepada pilar-pilar sosial berprestasi,” ungkap Sri Murni Rahayu SH MM, Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Sleman.

Pada konferensi Pers di RM Pecel Blora Tridadi Sleman, Jumat (23/02/2018), dia menyampaikan nantinya akan diambil peringkat I, II dan III untuk masing-masing kategori.

Pemenang akan memperoleh trofi, penghargaan dan uang pembinaan dari Bupati Sleman. “Total uang pembinaan bernilai Rp 148.500.000,” kata Sri Murni Rahayu didampingi jajarannya.

Seleksi pilar-pilar berprestasi tingkat Kabupaten Sleman Tahun 2018 diikuti Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS), Pekerja Sosial Masyarakat (PSM), Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) dan Karang Taruna.

“Saat ini di Kabupaten Sleman terdapat 102 LKS, 520 orang PSM, 17 TKSK dan 86 Karang Taruna,” ujarnya.

Selain itu, Dinsos Sleman juga akan melaksanakan evaluasi kinerja WKSBM (Wahana Kesejahteraan Sosial Berbasis Masyarakat) dan KUBE (Kelompok Usaha Bersama atau USEP (Usaha Sosial Ekonomi Produktif).

Adapun penyerahan penghargaan rencanya dilaksanakan pada 15 Mei 2018, bersamaan dengan peringatan hari jadi ke-102 Kabupaten Sleman.

Melalui seleksi dan evaluasi, nantinya Karang Taruna, LKS dan WKSBM yang  meraih juara 1 berhak atas hadiah trofi, piagam dan uang pembinaan Rp 7 juta. Sedangkan juara 2 sebesar Rp 5,5 juta dan juara 3 sejumlah Rp 4 juta.

Untuk PSM dan TKSK juara 1 hingga juara 3 selain memperoleh trofi dan piagam penghargaan, menerima pula uang pembinaan Rp 5 juta, Rp 4 juta dan Rp 3 juta.

Khusus evaluasi USEP atau KUBE, lima kelompok terbaik pertama akan menerima ruang pembinaan Rp 6 juta, lima kelompok terbaik kedua Rp 5 juta dan lima kelompok terbaik ketiga Rp 4 juta.

“Peringkat satu dari setiap kategori akan dikirim mewakili Kabupaten Sleman untuk mengikuti seleksi tingkat DIY maupun tingkat nasional apabila berhasil menjadi juara di tingkat DIY,” kata Sri Murni Rahayu. (sol)