Dirikan Tomira, Cara Bupati Kulonprogo Angkat Produk Lokal

667
Bupati Hasto Wardoyo meresmikan Tomira didampingi Kadinas Koperasi, Sri Harmintarti, Rabu (28/02/2018). (sri widodo/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID —  Bupati Kulonprogo Hasto Wardoyo, Rabu (21/02/2018), meresmikan tiga unit Toko Milik Rakyat  (Tomira).

Toko ini merupakan hasil kerja sama kemitraan antara Koperasi Serba Usaha (KSU) Binaria, KSU Benih Kasih dan Koperasi Wanita (Kopwan) Sempulur dengan PT Indomarco Prismata atua Indomaret. Ketiga Tomira itu terletak di Jalan Diponegoro, Jalan Khudori dan Jalan Brigjen Katamso Wates.

Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Kulonprogo, Dra Hj Sri Harmintarti MM, menyatakan dari tahun 2014 sampai 2018 saat ini sudah terwujud 16 Tomira, termasuk tiga toko terakhir yang diresmikan.

“Tahun 2018 ini, kami punya target 5 Tomira, barusan diresmikan 3, sehingga masih kurang 2,” kata Harmintarti.

Menurut Harmintarti, dengan adanya Tomira maka poduk lokal UMKM dan Koperasi  Kabupaten Kulonprogo memiliki peluang terus maju dan berkembang.

“Awal hanya 20 produk, sekarang yang di 13 Tomira akhir 2017 sudah ada 110 produk. Kita memasukkan pelan-pelan,” ucapnya.

Bupati Hasto Wardoyo minta kepada PT Indomarco untuk membimbing rakyat (koperasi) agar bisa berdikari.

“Ketika rakyat berdikari mandiri, tidak akan meninggalkan pemodal. Sebab kalau meninggalkan pemodal kita akan mati sendiri. Pemodal tetap ditempatkan sehingga bisa menjadi suplier,” ujar Hasto. (sol)