Disbud Sleman Ciptakan Ruang Kreasi

364
Ratusan pelajar mengikuti  lomba lukis di Museum Gunungapi Merapi (MGM) Pakem Sleman, Minggu (17/09/2017). (istimewa)

KORANBERNAS.ID — Dinas Kebudayaan (Disbud) Sleman melakukan berbagai terobosan pengembangan seni dan budaya. Kali ini yang menjadi sasaran adalah siswa SD sampai SMA melalui kegiatan lomba lukis.

“Ada ratusan siswa SD sampai SMA di Kabupaten Sleman yang mengikuti  lomba lukis di halaman belakang Museum Gunungapi Merapi (MGM) hari Minggu (17/09/2017) lalu,” kata HY Aji Wulantoro SH MHum, Kepala Disbud Kabupaten Sleman di kantornya, Senin (18/09/2017).

Menurut Aji, jumlah peserta lomba lukis melebihi target 300 orang.
Tujuan lomba untuk meningkatkan kemampuan melukis, mencari bibit unggul  dan potensial, membina bibit yunior, serta untuk menciptakan ruang publik dan ruang kreasi bagi pelajar dalam rangka meningkatkan proses kreativitas seni lukis, serta menjalin silaturahmi antarpelajar dan antarsekolah.

Menurut Aji, tema lomba lukis tersebut Cinta Seni dan Budaya. Diharapkan siswa akan mencintai seni dan budaya Jawa yang adiluhung. “Dengan mencintai dan nguri-uri budaya Jawa sejak dini maka pelestarian budaya akan berjalan terus,” tutur Aji.

Adapun pemenang lomba lukis tingkat SD,  terbaik I diraih Violet Kana Haya Haerni dari SDN Brongkol Cangkringan mendapat uang pembinaan Rp 4 juta, terbaik II Tiara Yusita Wejayanti dari SDN Gentan Ngaglik mendapat Rp 3  juta, terbaik III Gheri Setia Adi Nugroho dari SDN Taroman Ngaglik mendapat Rp 2 juta, sedang harapan I Abimanyu Ramadhan Flatditia dari SDN Karangmloko A Ngaglik mendapat uang pembinaan Rp 1,5 juta, dan harapan II SDN Sukomulyo Ngaglik Ananda Tanda Fajar Swastono mendapat uang pembinaan Rp 1 juta.

Untuk tingkat SMP juara I Mareta Zahra Kartika dari SMPN I Depok, juara II Yohanes Doni Yoga dari SMP K St Aloysius Sleman, juara III Jovinta Claudia Amarisa dari SMP Budi Utama Mlati juara harapan I Raynor Tisti Maharsi SMPN 5 Depok dan juara harapan II Venawa Vania SMPN I Ngemplak.

Tingkat SMA juara I Sofia Rasty dari SMK Penerbangan AAG, juara II Siti Nurhana dari SMK Penerbangan AAG, juara III Axel Toblas Imat dari SMA Kolose De Brito, juara harapan I Karol Bimoseno dari SMA Kolose De Brito dan juara harapan II Muhammad Irfan Hando dari SMKN I Cangkringan. (sol)