Dispora Bina Pelajar agar Tak Kena Narkoba

108
Dispora Sleman menyelenggarakan pembinaan tentang bahaya penyalahgunaan narkoba bagi pemuda dan pelajar di Hotel Savita Inn Sleman, Kamis (08/03/2018). (istimewa)

KORANBERNAS.ID — Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Sleman menyelenggarakan pembinaan tentang bahaya penyalahgunaan narkoba bagi pemuda dan pelajar di Hotel Savita Inn Sleman, Kamis (08/03/2018).

Kegiatan ini merupakan salah satu upaya Pemerintah Kabupaten bersama seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) mensosialisasikan bahaya penyalahgunaan Narkoba.

Kepala Dispora Kabupaten Sleman, Drs Agung Armawanta, menjelaskan pembinaan yang berlangsung dua hari ini merupakan langkah inisiatif Pemkab Sleman menanggapi maraknya penyebaran dan penyalahgunaan narkoba di Indonesia.

Kegiatan kali ini dikemas berbeda. Jika tahun sebelumnya hanya sosialisasi saja, tahun ini ditambah outbound serta pentas musik dari peserta.

Dispora berkoordinasi dengan beberapa pihak seperti Polres Sleman serta BNN Kabupaten Sleman. “Semua kegiatan ini dikemas santai dan nyaman yaitu melalui diskusi, musikalisasi, ada juga ceramah dan outbound,” ujar Agung.

Baca Juga :  Kangen Pak Tino Sidin ? Datang Saja ke Museumnya

Menurutnya, mencegah penyalahgunaan narkoba dapat dilakukan melalui sistem kekuasaan pemerintah maupun norma sosial melalui sosialisasi-sosialisasi.

“Mencegahnya bisa melalui cara sistem kekuasaan pemerintah, pemaksaan dengan kekuatan polisi atau Aparatur Sipil Negara, tetapi juga dengan norma sosial etika kemasyarakatan dan norma agama,” tutur Agung.

Dia menilai pendidikan dini dari keluarga sangat mempengaruhi perkembangan pola pikir anak. Rasa ingin tahu anak yang tinggi jika tidak diimbangi peran aktif orang tua, dapat membuat anak memilih pergaulan bebas di luar rumah.

Selaku pemateri, Kanit Bintibmas Sat Binmas Polres Sleman, Iptu Sriyanti, mengatakan kegiatan tersebut menjadi salah satu langkah pemerintah menyediakan wadah bagi para pemuda untuk meningkatkan pengetahuan tentang dampak buruk penggunaan narkoba.

Baca Juga :  DPRD Kebumen Bahas Perubahan Hari Jadi

Harapannya dari kegiatan ini, pemuda khususnya di Kabupaten Sleman bisa menolak rayuan dalam bentuk apapun. “Salah jika narkoba menjanjikan prestasi. Salah jika narkoba menjanjikan masa depan yang cerah. Narkoba adalah perusak generasi bangsa sehingga kita dilemahkan dari segi moral dan perilaku,” kata Sriyanti. (sol)