Ditinggal Tidur, Rumah Perajin Gula Kelapa Ludes Terbakar

134
Rumah Khamdan hangus, rata dengan tanah, setelah terbakar, Minggu (18/03/2018) siang, (istimewa)

KORANBERNAS.ID — Warga Pedukuhan Karangcengis, Desa Kalipoh, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Sabtu (17/3/2018) malam panik ketika rumah Khamdan (54), warga setempat terbakar. Sumber api diduga berasal dari bara api bekas membuat gula kelapa. Seluruh rumah hangus karena tidak ada sumber air untuk memadamkan api.

Kebakaran yang terjadi sekitar pukul 22.00. Kasubbag Humas Polres Kebumen AKP Masngudin MPdI kepada koranbernas.id, Minggu (18/3/2018) malam mengungkapkan diduga kebakaran berawal dari istri korban Sanikem yang ketiduran saat membuat gula kelapa. Sejam sebelum kejadian, Sanikem selesai membuat gula kelapa di dapur rumahnya.

“Kemungkinan ketika ditinggal tidur masih ada bara api. Bara itu makin besar sehingga membakar barang yang mudah terbakar. Api cepat merambat, karena rumah korban terbuat dari kayu beratap asbes,” ungkapnya.

Baca Juga :  Sinergitas Sangat Bermanfaat dalam rangka Mengamankan Pilpres dan Pileg Tahun 2019

Kebakaran pertama dilihat Rosidin (40) dan Japar Sidik (38) tetangga korban. Tak lama setelah itu, tetangga lainnya M Sodik ikut membantu memadamkan, namun tidak berhasil

“Tiga tetangga korban tidak bisa memadamkan karena tidak ada sumber air di sekitar tempat kejadian,“ kata Masngudin.

Ketiga tetangga korban berhasil menyelamatkan istri korban dan anaknya. Mereka menggedor gedor pintu rumah, sebelum api menghanguskan seluruh rumah dan isinya, istri dan anaknya berhasil keluar rumah.

“Rumah seluas 220 meter persegi, seluruhnya hangus,“ kata Masngudin.

Kerugian yang diderita korban, sekitar Rp 56,2 juta, Kerugian terbanyak karena hangusnya seluruh rumah. Nilai rumah diperkirakan Rp 50 juta. Kerugian lain, perhiasan emas senilai Rp 6 juta dan uang tunai Rp 200.000. (yve)

Baca Juga :  Sultan Belum Tahu Kapan akan Dilantik