Ditolak Naik Trans Jogja Gara-gara Durian

365

KORANBERNAS.ID — Musim durian sudah tiba. Di banyak penggal jalan di Kota Yogyakarta dan sekitarnya  diramaikan penjual buah berduri yang nikmat rasanya, asal dapat durian masak.

Banyak penjual durian menjajakan dagangannya dengan mobil pikap di pinggir-pinggir jalan. Atau mendisplai buah berduri itu dengan meja, serta memamerkan begitu saja di trotoar jalan.

Bagi para penggila durian, selalu menyedot bau harumnya yang sangat menggoda. Tapi banyak juga yang tidak suka durian. Baunya, menurut mereka bikin pusing.

“Kalau makan sekalian, nggak apa-apa. Tapi kalau hanya  menghirup baunya, apalagi dalam waktu panjang, perut jadi mual, kepala pusing,” kata Yanti, pramuniaga sebuah kios busana di  lantai dua Metro Beringharjo, pasar terbesar di Kota Yogyakarta itu.

Kebetulan, pemilik kios di dekatnya membeli durian, sehingga baunya menebar ke mana-mana. Itulah makanya, hotel-hotel, maskapai penerbangan, kereta api, bus-bus malam melarang penumpang membawa durian. Ternyata tidak hanya itu, bus Trans Jogja pun menerapkan aturan yang sama.

Baca Juga :  Jalur Lintas Selatan Dibuka

“Apakah ada yang membawa durian,” tanya petugas portir di halte bus Trans Jogja dekat Pasar Beringharjo,  Selasa (21/11/2017) sore, ketika penumpang mulai  ribut dengan bau menyengat itu. Seorang wanita yang baru masuk halte mengaku dia bawa durian.

“Tidak boleh, Mbak,” kata sang petugas di halte tersebut. Si wanita pun minta maaf karena dia tidak tahu.

“Memang tidak boleh, Mbak. Saya dulu juga karena tidak tahu, membawa durian. Akhirnya saya diturunkan di jalan, di halte terdekat,” kata penumpang pria yang duduk di sebelah wanita itu.

Akhirnya, dengan wajah kecewa, wanita itu pun turun dan batal naik bus Trans Jogja. Dia harus berganti dengan moda transportasi lain yang tentu saja lebih mahal.

Baca Juga :  Pemkab Gunungkidul Gelontorkan Rp 40,7 Miliar

Larangan penumpang membawa durian itu, karena bau yang menyengat. Apalagi dalam bus yang ber-AC dingin itu, selain bau makin menyengat, juga baunya akan tetap muleg di dalam bus, tak akan pergi-pergi. Karena seluruh pintu dan jendela tertutup rapat.

Anda pecinta durian, barangkali Anda belum tahu. Jangan sekali-kali membawa buah kesayangan Anda bila naik bus Trans Jogja.

Karena bau wangi menggoda bagi penyuka durian, ternyata bisa bikin pusing dan mual bagi mereka yang tidak suka. Sayang, ya. (sol)