DIY Baru Raih Satu Emas

311
Tim basket pelajar putri DIY saat melawan Jatim di GOR Sahabat Semarang.  DIY baru meraih satu emas. (rob sumiarno/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID — Sampai Jumat (15/09/2017) sore, kontingen DIY yang tampil dalam Popnas (Pekan Olahraga Pelajar Nasional) XIV/2017 di Semarang Jawa Tengah, baru berhasil meraih satu medali emas.

Medali emas tersebut dipersembahkan atlet panahan atas nama Okka Bagus Subekti melalui nomor recurve putra jarak 70 meter. Selain medali emas, Okka juga memecahkan rekor untuk jarak tersebut maupun total jarak 70 meter putra.

Popnas 2017 yang digelar di Jawa Tengah sejak 10 September lalu dijadwakan berakhir 21 September mendatang. Prestasi atlet Kontingen Pelajar DIY lainnya masih mentok di medali perak dan perunggu.

Bahkan untuk cabang sepakbola, DIY yang lolos ke delapan besar Sabtu pagi akan dihadang lawan tangguh, yaitu tim Jawa Barat.

Begitu pula tim basket putri DIY yang Jumat pagi lolos ke delapan besar setelah menang atas Sumut 74-40, Sabtu (16/09/2071), berhadapan dengan tuan rumah atau DKI Jakarta. Sejumlah cabang lainnya baru digelar mulai Sabtu atau Minggu hingga 21 September mendatang.

Baca Juga :  Argodadi Cup Kembali Dihelat

Kontingen DIY masih bisa berharap dari cabang cabang perorangan, termasuk cabang bela diri. Dengan hanya meraih 1 emas DIY belum mampu menembus peringkat 10 besar nasional.

Laga perdana

Sementara tim voli pasir putri DIY berhasil memenangkan laga perdananya di ajang Popnas 2017. Berhadapan dengan tim Papua, Jumat (15/09/2017) pagi, di Stadion Kebon Dalem Kendal Jawa Tengah, tim DIY yang diperkuat Vitria Dwi Rahayu dan Sari Hartati berhasil menang 2-0, yakni 21-2 dan 21-0.

Pelatih tim voli pasir DIY, Danang Agus Yuniarto, memang menargetkan tim putrimenjadi juara pool dan lolos ke babak final. Kemenangan ini penting untuk meraih target, meskipun hal itu tidak mudah karena mereka satu pool bersama DKI Jakarta yang cukup kuat dan akan mereka temui besok pagi.

Baca Juga :  POPDA 2018, MAN 5 Sleman Sumbang 3 Medali

Sayangnya langkah bagus yang dihasilkan tim putri belum bisa dialami oleh tim putra DIY. Mereka harus kalah dari Jawa Timur dengan skor 2-0. Tim putra ini diperkuat oleh Ilham Akbar dan Ilham Cahya Saputra.

Mereka akan kembali menjalani laga pada Sabtu (16/09/2017) siang melawan tim dari Sulawesi Selatan.

Danang optimistis tim putra mampu menjadi runner up, kemudian masuk ke babak playoff sebelum bisa berlaga di semifinal. “sebenarnya sejak awal, kedua tim ditargetkan meraih medali emas,” kata dia. (rob)