DIY Kini Punya Asesor Furniture

139
Peserta mengikuti Diklat Asesor furniture pada 26 Juni-30 Juni lalu.(istimewa)

KORANBERNAS.ID –Kabar baik bagi industri mebel di Indonesia. Sumber Daya Manusia (SDM) di bidang furniture saat ini mulai diperhitungkan.

Hal ini seiring upaya Asosiasi Industri Permebelan dan Kerajinan Indonesia (Asmindo) DIY dalam mengembangkan kualitas SDM di bidang permbelan dan kerajinan. Salah satunya melalui Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) bagi 24 asesor furniture pada 26 Juni-30 Juni lalu.

Diklat asesor digelar melalui kerjasama dengan Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kementrian Perindustrian (Pusdiklat) Kementrian Perindustrian di Balai Diklat Industri Yogyakarta. Asesor yang mengikuti pelatihan merupakan perwakilan dari Komda Asmindo dari seluruh Indonesia.

Rumekso Setyadi, Ketua Bidang Hubungan antar Lembaga DPP Asmindo, Minggu (01/07/2018) mengungkapkan, peserta mendapatkan materi diklat berupa Merencanakan dan Mengorganisasikan Asesmen (MMA), Mengembangkan Perangkat Asesmen (MPA), Melakukan Asesmen Kompetensi (MAK).

Baca Juga :  KAMMI Bentuk Cabang di Korea Selatan

“Selama lima hari peserta dipandu dan fasilitasi oleh Master Asesor Mashruri dari Yogyakarta dan Master Asesor Sri Pudiyastuti dari Semarang,” jelasnya.

Menurut Rumekso, setelah menyusun dokumen asesmen dan praktik, baik melalui role play maupun mandiri, maka asesor mengerjakan skema kompetensi Furniture yang terdiri atas Pengerjaan Pembahanan, Pengerjaan Konstruksi, Pengerjaan Perakitan dan Finishing Furniture yang mengacu pada Standard Kerja Kompetensi Nasional Indonesia (SKKNI) sesuai Kepmenaker No. 399/2014 yang sudah siap untuk diujikan.

Pada hari terakhir semua peserta diklat yang menjadi calon asesor diuji oleh Master Asesor Sri Salimah, Candra Irawan dan Mulyo Budi Setiawan. Seluruh peserta dinyatakan memenuhi kompetensi sebagai Asesor bidang Produksi Furniture.

Baca Juga :  Mantan Presiden Jomblo Ini Jualan Bakpia

“Rekomendasi kompetensi ini selanjutnya akan diserahkan kepada Badan Nasional Sertifikasi Profesi yang menerbitkan sertifikat asesor. Sertifikat inilah yang memberi kewenangan Asesor untuk menguji SDM Furniture di seluruh Indonesia,” jelasnya.(yve)