DIY Siap Bantu Penanganan Pengungsi Gunung Agung

173

KORANBERNAS.ID–Wakil Gubernur DIY Paku Alam X menyatakan Pemerintah DIY siap mengirimkan bantuan ke Provinsi Bali terkait dengan penanganan bencana Gunung Agung yang kini berada di level awas.

Hanya saja bantuan tersebut tidak berupa dana melainkan bantuan konsultatif.

“Ada kemungkinan kita bisa mengirim bantuan-bantuan yang sifatnya konsultatif. Bagaimana penanganan pengungsi dan pascabencana,” tuturnya di Kepatihan, Rabu  (27/09/2017) usai menerima kunjungan Menteri Pertahanan Fiji, Ratu Inoke.

Menurut Wagub, kesiapan penyaluran bantuan ini didasari alasan DIY memilki pengalaman penanganan bencana erupsi Gunung Merapi, dua kali yaitu pada 2006 dan 2010.

Bantuan nonlogistik jadi pilihan, dilandasi pertimbangan banyaknya jumlah pengungsi dan DIY sudah mencoba berkomunikasi dengan Bali. Pengalaman menangani jumlah pengungsi yang jumlahnya ribuan inilah yang bisa di-share ke Pemprov Bali.

Baca Juga :  Sampah Jadi Masalah Semua Desa

Meski secara resmi Pemda DIY belum dihubungi oleh Pemprov Bali tapi apabila sewaktu-waktu diminta, DIY siap mengirimkan bantuan.

Seperti diberitakan, saat ini Gunung Agung di Bali berada pada level awas. Ribuan warga    yang berada di kawasan rawan bencana diungsikan. Jumlah pengungsi mencapai puluhan ribu orang.(SM)