Dongkrak Prestasi, Kemenpora Tingkatkan Kualitas Pelatih

378
Pembukaan pelatihan Basic Strenght and Conditioning Course di ballroom Hotel UNY. (solahudin alwi/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID – Bekerja sama dengan International Association of Atlethics Federation (IAAF) dan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) menyelenggarakan Pelatihan Pelatih dan Instruktur Olahraga Internasional.

Pelatihan Basic Strenght and Conditioning Course yang berlangsung lima hari 24-28 September 2017 ini dibuka Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga, Dr Yuni Poerwanti MPd, Minggu (24/09/2017) malam di Ballroom Hotel UNY.

“Hasil pengamatan dan evaluasi kami, penyebab masih rendahnya prestasi karena kualitas kondisi fisik para atlet kita masih di bawah standar. Kami memberikan penekanan kepada para pelatih untuk memberikan perhatian khusus terhadap kondisi fisik atlet,” ungkap Yuni Poerwanti.

Didampingi Wakil Dekan I Fakultas Ilmu Keolahragaan UNY Dr Mansur MS serta Ketua Umum KONI DIY dr Hadianto Ismangoen, lebih lanjut dia menyampaikan melalui kegiatan ini peserta memperoleh tambahan pengetahuan mengenai penyusunan dan pelaksanaan latihan kondisi fisik yang diintegrasikan dengan program latihan secara keseluruhan.

Baca Juga :  Daftar Lebih Awal agar Bisa Khitan Tahun Depan

“Ke depan kami berharap latihan kondisi fisik atlet dapat ditangani khusus oleh pelatih yang terpisah dari pelatih kepala sehingga hasilnya dapat lebih optimal,” kata dia.

Peserta pelatihan mengikuti sesi foto bersama. (solahudin alwi/koranbernas.id)

Asisten Deputi Peningkatan Tenaga dan Organisasi Keolahragaan Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Kemenpora yang juga penanggung jawab kegiatan, Dra Marheny D Kusumawati MPd, menyatakan tujuan digelarnya kegiatan ini untuk meningkatkan kompetensi para pelatih. Pelatihan fisik sangat penting untuk mendongkrak prestasi atlet.

Materi teori dan pelaksanaan praktik berlangsung di lapangan atletik dan Fitness Center UNY, total 46 jam pelajaran.

Adapun narasumber Volker Hermann dari Jerman (IAAF RDC), Dr Ria Lumintarso (IAAF RDC), Guru Besar UNY Prof Dr Djoko Pekik Irianto M Kes AIFO, Pakar Biomekanika UNY Dr Awan Hariono serta Pakar Kondisi Fisik UNY Dr Devi Tirta Wirya.

Baca Juga :  Sejak 1963 Fakum, ISRI Kini Aktif Lagi

Adapun jumlah peserta pelatihan 53 orang terdiri dari 23 pelatih PPLP/SKO dari 16 provinsi, 23 pelatih fungsional Kemenpora yang merupakan atlet dan mantan atlet berprestasi, 5 pelatih umum dan 2 orang akademisi. “Semuanya berasal dari 14 cabang olahraga,” kata Marheny. (sol)