Donny Kusuma, Ade Ray Blusukan di Citarum

427
Direktur PT Sido Muncul Tbk Irwan Hidayat bersama Pangdam Siliwangi Doni Monardo dan sejumlah artis saat kampanye dan pembuatan iklan salah satu produk Sido Muncul, Senin (05/03/2018). (Istimewa)  

KORANBERNAS.ID—Artis Donny Kusuma dan Binaragawan Ade Ray, Senin (05/03/2018) blusukan di bantaran Sungai Citarum.  Bersama mereka, juga hadir  Puteri Indonesia 2016 Kezia Warouw.

Kehadiran tiga publik figur ini, merupakan bagian dari syuting pembuatan iklan salah satu produk dari PT Sido Muncul Tbk. Pemilihan lokasi di Citarum, dimaksudkan sebagai salah satu bentuk kampanye, untuk menjaga kelestarian dan kebersihan sungai yang memiliki peran penting di wilayah Jawa Barat ini.

Direktur PT Sido Muncul Tbk, Irwan Hidayat mengungkapkan keprihatinannya terhadap kondisi Citarum.

Untuk itulah, pihaknya terpanggil untuk ikut berpartisipasi dan menggalang dukungan untuk memelihara aliran sungai sepanjang 300 kilometer ini.

“Perlu kepedulian semua pihak termasuk masyarakat, agar Citarum ke depan semakin bersih dan terjaga kelestariannya,” kata Irwan dalam rilisnya ke redaksi koranbernas.id, Selasa (06/03/2018).

Baca Juga :  Ini Pesan Wabup untuk Warga Sleman di Jakarta

Untuk meningkatkan kepedulian terhadap Sungai Citarum, salah satu cara yang dilakukan adalah melalui pembuatan iklan Kuku Bima Energi yang bertemakan “Ayo Selamatkan Citarum!”. Proses syuting dilakukan di dua lokasi, yaitu Jembatan Cijagra dan KM 0 Citarum.

Konsep iklan yang dibintangi oleh aktor Donny Kusuma, Binaragawan Ade Ray, dan Puteri Indonesia 2016 Kezia Warouw ini diawali dengan potret rumah warga yang kebanjiran akibat luapan air Sungai Citarum. Kemudian dilanjutkan dengan pengambilan gambar di gundukan sampah yang merupakan penyebab banjir karena aliran sungai tersumbat. Proses pembuatan iklan diakhiri di Situ Cisanti yang merupakan lokasi dari titik 0 KM Citarum.

Sangat berbeda dengan kondisi air yang mengalir di Sungai Citarum, di sini merupakan lokasi dari sumber air Citarum yang masih bersih dan jernih.

Baca Juga :  Hujan Es Robohkan SepuluhTiang Listrik Tegangan Tinggi

Selain Irwan, ikut hadir dan mendukung proses pembuatan iklan ini Panglima Komando Daerah Militer III/Siliwangi Doni Monardo.

“Kami akan berusaha membantu upaya pemerintah dalam menyelamatkan Sungai Citarum agar bisa kembali jernih. Sungai Citarum merupakan sumber air bagi masyarakat dan jika kita pelihara bersama maka akan menjadi sumber kehidupan juga,” kata Irwan.

Sungai Citarum merupakan sungai terpanjang di Jawa Barat yang memiliki panjang aliran mencapai 300 KM. Namun sangat disayangkan, saat ini keadaan Sungai Citarum telah tercemar oleh berbagai limbah, seperti limbah domestik, limbah industri dari pabrik, serta limbah peternakan dan perikanan.

Padahal Sungai Citarum dinilai memiliki fungsi vital dan bermanfaat karena bisa menjadi sumber air minum bagi masyarakat dalam jangka panjang. (*/SM)