Dorong Pemda DIY Lari Cepat Buka Lapangan Kerja Lebih Banyak

155

KORANBERNAS.ID – Ketua Komisi A DPRD DIY Eko Suwanto prihatin dengan tingginya kesenjangan pendapatan dan kesejahteraan yang terjadi di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Masalah ini membutuhkan perhatian bersama.

Langkah dan program kebijakan pemerintah perlu didorong untuk mempercepat dan mengurangi angka kemiskinan. Harus ada perencanaan yang lebih baik agar program kebijakan pemda lebih baik.

“Melihat besaran angka gini ratio di DIY 0.44, naik dari 0.43 di triwulan 1 tahun 2017 memang mengejutkan semua pihak.  Apalagi DIY sudah mendapatkan tambahan alokasi anggaran lewat Dana Keistimewaan yang dalam lima tahun terakhir sudah sebesar Rp 2,6 triliun,” ungkapnya, Rabu (03/01/2018).

Memasuki tahun 2018, politisi muda PDI Perjuangan ini berharap seluruh jajaran Pemerintah DIY mendorong dan menjalankan program kegiatan yang fokus untuk kesejahteraan rakyat.

Baca Juga :  Three Ends Plus Jadi Program Unggulan Perempuan dan Anak

Pembangunan diarahkan untuk menciptakan lapangan kerja dan peningkatan pendapatan masyarakat. Melalui apa saja?  Prioritas program, kegiatan dan anggaran untuk pemberdayaan petani, jasa perdagangan, pelaku UMKM dan usaha jasa pariwisata.

“”Kita harap sektor swasta bergerak khususnya usaha yang menyerap tenaga kerja. Pemda juga dapat memfasilitasi berbagai pendidikan dan pelatihan untuk melahirkan wirausaha yang baru maupun memperkuat pelaku usaha yang telah ada,” ungkapnya.

Dia percaya masyarakat Jogja punya etos kerja yang hebat. “Ayo kita dukung Pemda lari cepat melaksanakan program untuk mengingkatkan kesejahteraan masyarakat” kata Eko Suwanto. (sol)