DPRD DIY Dorong Pemda Lakukan Patroli Siber

115
FGD Strategi Pencegahan dan Penegakan Hukum terhadap Aksi Teror, Rabu (14/02/2018) di DPRD DIY. (istimewa)

KORANBERNAS.ID –  Komisi A DPRD DIY mendorong Pemda DIY melalui Dinas Kominfo agar melakukan patroli siber. Patroli yang bekerja sama dengan jajaran Polri ini sebagai edukasi agar masyarakat berhati-hati memanfaatkan teknologi informasi (TI).

“Kita juga dukung Pemda DIY serta secara intensif melakukan literasi media sosial yang sehat,” ungkap Eko Suwanto, Ketua Komisi A DPRD DIY, Rabu (14/02/2018).

Kalangan netizen pun perlu diajak menggelorakan gerakan internet sehat. “Harapan kita, edukasi pemanfaatan TI bagi masyarakat ini dapat menghindarkan penyalahgunaan internet,” ungkapnya.

Tahun ini, Diskominfo DIY melaksanakan 78 pertemuan literasi media bagi generasi zaman now. “Anak anak muda jago internet inilah yang akan menjadi garda terdepan mewujudkan pemanfaatan internet yang sehat,” kata anggota dewan dapil Kota Yogyakarta ini.

Baca Juga :  Wabup Peringatkan Pemerintah Desa Agar Bersinergi

Selain itu, Pemda DIY juga perlu menghidupkan kembali pendidikan budi pekerti sebagai bekal dasar untuk membangun karakter generasi muda. Melalui pendidikan budi pekerti yang baik, kaum muda bisa mengenali akar masalah di internal dirinya juga sekitarnya.

Komisi A DPRD DIY, kata Eko Suwanto, mengadakan diskusi bersama pimpinan parpol, pimpinan perguruan tinggi, kepala sekolah, Kesbangpol DIY, Satpol PP DIY serta tokoh masyarakat.

Focus Group Discussion Strategi Pencegahan dan Penegakan Hukum Aksi Teror itu menghadirkan narasumber Kombes Pol Hadi Utomo dari Polda DIY serta  Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda DIY, Sulistyo.

Diskusi yang berlangsung di DPRD DIY Rabu siang itu menghasilkan empat butir rekomendasi. Pertama, mendukung Polri dan aparat hukum lainnya bertindak tegas terhadap teroris, termasuk mengembangkan penyidikan guna mengungkap jaringannya dan pihak lain yang terlibat.

Baca Juga :  Harga Telur Ayam Naik Sentuh Rp 30 Ribu

Kedua, mendukung Pemda DIY segera melakukan konsolidasi bersama Polri, TNI berbasis desa dan kelurahan untuk bersama membantu pemetaan masalah atau potensi ancaman di setiap wilayah terkecil, melakukan pendidikan bagi warga, menjalankan fungsi deteksi dan cegah dini agar terhindar dari berbagai ancaman yang ada.

Rekomendasi yang lain, Pemda DIY berkonsolidasi dengan perguruan tinggi, sekolah dan tokoh keluarga, tokoh masyarakat agar menyelenggarakan suatu pendidikan Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika dan Budi Pekerti dengan mengedepankan strategi kebudayaan berbasis desa dan kelurahan. (sol)