DPRD DIY-Parampara Praja Bahas Evaluasi Danais

134
Pertemuan Komisi A DPRD DIY dengan Parampara Praja . (istimewa)

KORANBERNAS – Komisi A DPRD DIY dipimpin ketuanya, Eko Suwanto, Selasa (30/01/2018) di ruang transit gedung dewan Jalan Malioboro, mengadakan pertemuan dengan Parampara Praja. Adapun agendanya adalah membahas mengenai evaluasi penggunaan Dana Keistimewaan (Danais).

Baik para penasihat Gubernur DIY dipimpin oleh Prof Mahfud MD maupun pimpinan dan anggota Komisi A, menyoroti evaluasi pemanfaatan Danais.

“Dalam dialog terbahas pelaksanaan Danais yang belum mampu menyelesaikan permasalahan kemiskinan dan kesenjangan,” ungkap Eko Suwanto.

Prinsipnya, DPRD DIY mendukung Pemda DIY menurunkan angka gini ratio atau kesenjangan yang saat ini tertinggi di Indonesia.

Adapun caranya melalui program pembangunan dengan dukungan APBD serta Dana Keistimewaan yang mampu menciptakan lapangan kerja dan meningkatkan pendapatan masyarakat.

Baca Juga :  Sahid Jaya, Warna Baru Hotel Bintang 5

“Arah tujuan Danais harus disesuaikan kembali dengan tujuan pengaturan keistimewaan DIY yang tercantum dalam Pasal 5 UU Nomor 13 Tahun 2012 tentang Keistimewaan DIY, yakni mewujudkan kesejahteraan dan ketenteraman rakyat”, ujar Eko Suwanto, politisi muda PDI Perjuangan itu.

Selain Danais, dibicarakan pula langkah-langkah sosialisasi Pancasila sebagai dasar pelaksanaan kebijakan publik sekaligus bisa menjadi panduan pembangunan di daerah.

Menurut Eko Suwanto, upaya sosialisasi telah dikerjakan lewat program Bina Ideologi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan ke seluruh kecamatan di DIY.

“Kita harap program bina ideologi Pancasila bisa membawa kesadaran kebangsaan makin kuat. Tentu kita juga harapkan praktik Pancasila ini juga dilakukan dalam pengambilan kebijakan pembangunan untuk mewujudkan kesejahteraan rakyat,” kata dia.

Baca Juga :  Air Sumur di Desa Ini Terasa Asin

Pancasila merupakan pedoman ideologi dalam menyusun dan melaksanakan kebijakan pembangunan guna mewujudkan kesejahteraan, kemakmuran dan keadilan bagi rakyat.

Dalam kesempatan itu Parampara Praja maupun DPRD DIY juga menyepakati sejumlah program yang segera bisa dikerjakan bersama.

Satu program yang strategis dikerjakan adalah bina ideologi dan wawasan kebangsaan yang sudah berjalan di seluruh kecamatan.

“Kita semua tahu, Prof Mahfud MD adalah anggota UKP Pancasila juga. Ada pembicaraan pentingnya sinergi dan kerja sama dengan Pemda DIY, perguruan tinggi untuk sosialisasi Pancasila, selain yang dikerjakan bersama Kesbangpol DIY,” kata Eko Suwanto. (sol)