DPRD Perlu Dukungan Anggaran Publikasi

180
Ketua DPRD Sleman Haris Sugiharta didampingi wakil ketua menyerahkan cenderamata kepada Rizal di kantor DPRD Kota Pekanbaru, Rabu (04/04/2018). (nila jalasutra/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID – Anggota DPRD selaku wakil rakyat memerlukan dukungan anggaran publikasi. Tujuannya supaya produk hukum maupun kebijakan lembaga legislatif bisa sampai ke masyarakat.

Mengingat pentingnya publikasi, dalam satu tahun DPRD Kota Pekanbaru memiliki anggaran cukup fantastis yaitu mencapai Rp 9 miliar.

Adapun peruntukannya, digunakan mempublikasikan kegiatan atau kebijakan anggota DPRD ke masyarakat, baik berbentuk advetorial, berita berbayar dan lainnya.

Kabag Persidangan dan Perundang-undangan Sekwan DPRD Kota Pekanbaru, M Rizal, menjelaskan APBD Kota Pekanbaru ini sebesar Rp 2,4 triliun. Sedangkan anggaran untuk Sekretariat Dewan DPRD Kota Pekanbaru senilai Rp 56 miliar.

“Dari jumlah tersebut sudah termasuk anggaran publikasi ke media massa sebesar Rp 9 miliar. Selain itu juga ditambah cetak buletin Rp 440 juta yang kontennya diisi oleh wartawan,” kata M Rizal, tatkala menerima kunjungan rombongan DPRD dan wartawan Sleman di Kantor DPRD Kota Pekanbaru, Rabu (04/04/2018).

Baca Juga :  Jelang Mutasi, Pejabat Tak Perlu Resah

Kunjungan tersebut dipimpin langsung Ketua DPRD Sleman Haris Sugiharta didampingi tiga wakil ketua yaitu HR Sukaptono, Inoki Azmi Purnomo dan Sofyan Setyo Darmawan.

Menurut Rizal, kegiatan publikasi itu di antaranya setiap paripurna menerbitkan galeri dan advetorial untuk beberapa media massa, baik cetak maupun elektronik.

Selain itu, setiap anggota dewan mendapat anggaran Rp 5 juta setiap reses untuk biaya publikasi.

“Tujuannya, kebijakan maupun produk dari DPRD dapat tersosialisasikan ke masyarakat. Jadi kami anggap, anggaran untuk publikasi ini cukup penting guna mendukung kinerja anggota dewan,” jelas Rizal.

Ketua DPRD Kabupaten Sleman Haris Sugiharta mengaku cukup terkejut karena anggaran publikasi sangat fantastis. Pihaknya akan mencoba mengadopsi anggaran publikasi DPRD Kota Pekanbaru ke DPRD Kabupaten Sleman.

Baca Juga :  Petugas Siapkan Jalur Alternatif untuk Antisipasi Macet

“Anggaran publikasi di Sleman masih jauh jika dibanding dengan DPRD Kota Pekanbaru. Tapi coba nanti kami adopsi beberapa kegiatan agar anggaran publikasi di Sleman bertambah,” kata Haris.

Wakil Ketua DPRD Sleman Sofyan Setyo Darmawan menambahkan, produk informasi DPRD Sleman sudah perlu ditingkatkan. Meskipun konsekuensinya anggaran untuk publikasi ke media massa meningkat.

Menurut Sofyan, supaya masyarakat lebih melek informasi. Jadi tidak masalah jika anggaran publikasi ditingkatkan. (sol)