DPRD Purworejo Rombak Pimpinan Komisi C

186
Proses penghitungan suara Pemilihan Ketua Komisi C DPRD Kabupaten Purworejo, Senin (23/07/2018). (hery priyantono/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID – Melalui sidang pleno, DPRD Kabupaten Purworejo merombak kepemimpinan Komisi C, Senin (23/07/2018) siang. Kepemimpinan komisi yang membidangi ekonomi dan pendapatan daerah itu sebelumnya dipegang oleh anggota dewan dari Fraksi Kebangkitan Bangsa (FKB).

Ketua DPRD Purworejo Ir Luhur Pambudi MM menerangkan, Pleno Pergantian Ketua Komisi C didasarkan dua surat permohonan. “Kami menggelar pemilihan Ketua Komisi C baru setelah menerima dua surat sebagai dasar. Surat pertama dari Fraksi Kebangkitan Bangsa dan surat kedua dari DPC PKB,” jelas Luhur kepada sejumlah pewarta usai memimpin langsung proses pemilihan.

Munculnya dua surat yang dilayangkan ke Pimpinan DPRD Purworejo itu kemungkinan buntut dari dugaan perselingkuhan yang melibatkan MD dan Dn.

Baca Juga :  Tanam Gayam Tandai Peringatan Hari Air

MD masih beruntung karena hanya dilucuti sebagai Ketua Komisi C, sedangkan nasib naas dialami Dn karena diusulkan oleh PKS untuk diberhentikan dari dewan melalui mekanisme Pergantian Antar Waktu (PAW).

Pada pemilihan yang digelar di Ruang Rapat Komisi C Lantai 2 Gedung DPRD setempat hadir sembilan orang anggota dewan. Semestinya sebelas anggota dewan hadir namun dua nama yakni MD dan Dn memilih abstain alias tidak menghadiri acara ini. “Dua orang tidak hadir sehingga pemilihan diikuti sembilan orang,” ujar Luhur.

Pada pemilihan yang berlangsung tertutup, secara aklamasi Rohman memperoleh sembilan suara, Anang Hidayat 5 dan Tunaryo 5 suara. Akhirnya, dalam Pleno tersebut Rohman dinyatakan berhak sebagai Ketua Komisi C DPRD Purworejo yang baru menggantikan MD, Ketua PKB setempat. Sedangkan Anang Hidayat menjabat Wakil Ketua Komisi, berikutnya Tunaryo sebagai Sekretaris Komisi C.

Baca Juga :  Lupus, Penyakit Unik yang Sulit Dideteksi

Jika sudah terbentuk, diharapkan Komisi C segera bekerja melakukan tugasnya meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Purworejo. “Setelah ini, kami akan tetapkan melalui Rapat Paripurna. Saya berharap teman-teman Komisi C langsung bekerja untuk meningkatkan PAD Purworejo,” tegas Luhur. (sol)