DPRD Setuju Hari Jadi Kebumen 21 Agustus 1629

360
Pelaksana Tugas Bupati Kebumen Yazid Mahfudz dan Ketua DPRD Kabupaten  Kebumen Cipto Waluyo menandatangani berita acara persetujuan 3 Raperda menjadi Perda Rabu (02/05/2018). (Humas DPRD Kebumen)

KORANBERNAS.ID–Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten  Kebumen setuju perubahan Hari Jadi Kabupaten Kebumen, dari semula 1 Januari 1930 menjadi 21 Agustus 1629.

Persetujuan Hari Jadi Kabupaten Kebuman berubah, setelah seluruh fraksi atau 8 fraksi dalam kata akhir, pada rapat paripurna DPRD Kabupaten Kebumen Rabu (02/05/2018),setuju dengan Raperda Hari Jadi Kabupaten Kebumen menjadi Perda Hari Jadi Kabupaten Kebumen.

Persetujuan itu bersamaan dengan persetujuan Raperda Penyelenggaraan Sistem Informasi dan Layanan Berbasis Tehnologi Informasi dan Komunikasi  (E Government) di Lingkungan Pemkab Kebumen dan Raperda Perubahan Atas Perda Nomor 32 Tahun 2011 Tentang Retribusi Pemakaian Kekayaan Daerah.

Dalam rapat paripurna yang dipimpin Ketua DPRD Kabupaten Kebumen Cipto Waluyo dan dihadiri  Pelaksana Tugas Bupati Kebumen  Yazid Mahfudz, ke delapan fraksi melalui juru bicaranya mengatakan,   penentuan  Hari Jadi Kabupaten Kebumen,  21 Agustus 1629, bersumber dari sejarah keterlibatan Ki Ageng Bodronolo dalam membantu pasukan Sultan Agung dengan mengerahkan 15.000 pasukan.

Baca Juga :  Partisipasi Pemilih Pilkades Lebih Tinggi  Dibanding Pilbup

Bantuan itu dalam penyerangan oleh  pasukan Sultan Agung melawan pasukan Hindia Belanda di Batavia, ditandai dengan pemberangkatan 15.000 pasukan yang dipimpin Ki Ageng Bodronolo.

Peristiwa ini merupakan peristiwa heroik yang bisa dijadikan teladan dan semangat  patriotisme serta nasionalisme.

Jika  Perda Hari Jadi Kabupaten Kebumen yang disetujui DPRD Kabupaten Kebumen, Rabu (02/05/2018)telah diundangkan,  maka Perda Nomor  1 Tahun 1990 Tentang Penetapan Hari Jadi KabupatenKebumen  tidak berlaku. Perda itu, oleh banyak  kalangan penentuan Hari Jadi Kebumen  dianggap tidak sesuai dengan nilai heroisme dan patriotisme kepahlawanan.

Perda yang menetapkan Hari Jadi Kabupaten Kebumen, 1 Januari 1930, menjadi dasar peringatan Hari Jadi Kebumen, terakhir digunakan pada 2 Januari  2018.(SM)

Baca Juga :  Operator Traktor Selamat dari Sambaran Petir