Dua Desa Gelar Kirab Budaya Peringati Hari Jadinya

560
Kemeriahan Kirab budaya Hari Jadi Desa Argodadi ke-71, Minggu (24/12/2017) sore. (istimewa)

KORANBERNAS.ID — Sama-sama memperingati Hari Jadi ke 71, Desa Ringinharjo dan Desa Argodadi Sedayu Bantul menggelar upacara bernuansa Jawa, Minggu (24/12/2017) sore. Upacara di lapangan Ringinharjo bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) adalah Kepala Dinas Kebudayaan Bantul, Sunarto SH MM dan Irup di Lapangan Cemoro Gading Desa Argodadi adalah Camat Sedayu Drs Fauzan Muarifin.

Tampak hadir dalam acara  Anggota DPRD Bantul, Widodo AMd, Danramil 02/Sedayu  Kapten Inf Kusmin, Panit 1 Bhinmas Polsek Sedayu Iptu Agus Supraja SH, Lurah Argodadi Prayitno SE beserta seluruh pamong dan 14 dukuh se Argodadi serta  ribuan warga setempat yang semua tampil mengenakan busana tradisional.

Di Ringinharjo terlihat hadir adalah Sekcam Bantul Rumanto, Pj Lurah Ringinharjo Pujo Ismono, Lurah se Kecamatan Bantul, Kanit Bhinmas Polsek Bantul, AKP Lukman Riyanto, kepala sekolah se-Ringinharjo, BPD Ringinharjo, pamong dan ribuan masyarakat setempat.

Jalanya kirab di dua lokasi berbeda itu mendapat sambutan hangat dari masyarakat. Mereka memadati sepanjang rute. Selain gunungan, peserta kirab  di Lapangan Cemoro Gading  dan finish di Balai Desa Argodadi nampak membawa jodang, patung sapi, jatilan dan beragam kostum menarik lainnya.

Demikian pula di Ringinharjo peserta kirab bersemangat membawa gunungan sembari menabuh gamelan pengiring dan diawali dengan barisan bregada keprajuritan.

Hari Jadi Desa Ringinharjo Bantul ke-71,  Minggu (24/12/2017), diperingati dengan kirab budaya usai upacara dengan Irup Kepala Disbud Bantul, Sunarto SH MM. (istimewa)

Camat Sedayu Drs Fauzan Muarifin berharap semangat kebersamaan tersebut harus tetap dijaga dan dilestarikan sebagai modal untuk membangun  desa  agar semakin maju dan berkemang.

“Seni tradisi seperti saat ini juga harus tetap kita jaga sebagai kekayaan yang tumbuh dan berkembang di masyarakat. Juga sebagai wujud nyata menjaga  warisan nenek moyang,” katanya.

Bupati Bantul Drs H Suharsono dalam sambutan tertulis yang dibacakan Irup mengatakan dengan semangat dan tekat membangun desa, diharapkan masyarakat meningkatkan persatuan dan kesatuan untuk memujudkan desa yang adiluhung.

“Selain itu dengan adanya dana desa ini saya mengimbau gunakanlah dengan tepat agar  di tahun mendatang  lebih banyak lagi yang turun. Kami juga sampaikan apresiasi terhadap prestasi Desa Ringinharjo baik fisik ataupun nonfisik,” katanya. (sol)