Dua Desa Ini Bakal Miliki Spot Wisata Baru

456
Para dosen STP Ampta menerima hadiah lomba dalam syukuran Dies Natalis ke-31 di kampus setempat, Sabtu (13/01/2018). (yvesta putu sastrosoendjojo/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID — Bermunculannya desa-desa wisata di berbagai kawasan menjadi tanggungjawab perguruan tinggi (PT) untuk turut serta mengembangkannya. Apalagi banyak potensi desa yang belum tergarap secara maksimal.

“Banyak hal yang bisa dilakukan kampus melalui program tri dharma perguruan tinggi dalam mengembangkan pariwisata berbasis masyarakat,” ujar Dosen Program Studi (prodi) S1 Pariwisata STP Ampta, Mona Eritria Nur Islami disela syukuran Dies Natalis ke-31 di kampus setempat, Sabtu (13/01/2018).

Upaya yang dilakukan Ampta, menurut Mona diantaranya dengan merintis desa wisata berbasis masyarakat di Turi dan Klegung, Sleman, Yogyakarta. Kerjasama baru saja dilaksanakan dengan Pemkab Sleman untuk memetakan beragam potensi di kedua desa.

Di Kledung, kawasan sungai dapat dikembangkan menjadi wisata susur sungai. Sedangkan di Turi, pengembangan wisata embung bisa jadi alternatif wisata selain salak.

Baca Juga :  Gara-gara Anjing, Warga Tegalrejo Jogja Dihajar Warga Girimulya

“Banyak potensi wisata yang bisa dikembangkan dari sumber daya alam yang dimiliki desa-desa di sleman. Kami bantu masyarakat setempat untuk merintisnya,” jelasnya.

Sementara terkait rangkaian dies kali ini, lanjut ketua panitia dies tersebut, beragam kegiatan dilaksanakan sejak Desember 2017 lalu. Diantarnya lomba olahraga yang diikuti dosen dan karyawan, seminar proposal dan hasil penelitian, outbond dan lainnya.

“Selain itu syukuran dan potong tumpeng kali ini sebagai ucapan syuku,” imbuhnya.(yve)