Dua Prodi UP 45 Perbarui Akreditasi

967
Visitasi tim asesor BAN-PT untuk memperbarui akreditasi UP 45 Yogyakarta. (istmewa)

KORANBERNAS.ID — Universitas Proklamasi 45 (UP 45) Yogyakarta terus berupaya meningkatkan kualitas pendidikan. Diantaranya melakukan pembaruan akreditasi untuk program studi (prodi) Teknik Perminyakan dan Psikologi.

Proses pembaruan akreditasi sudah selesai pada tahap visitasi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Visitasi Prodi Teknik Perminyakan sudah dilaksanakan di UP 45 Yogyakarta pada 29-30 September 2017. Sedangkan visitasi untuk Prodi Psikologi dilakukan satu hari setelahnya, pada 1-3 Oktober 2017.

“Akreditasi prodi teknik perminyakan dan psikologi baru C. Melalui sejumlah program, kami berharap bisa meningkat menjadi B atau bahkan A,” ujar Rektor UP 45, Ir. Bambang Irjanto, MBA. usai visitasi di kampus setempat, Senin (09/10/2017).

Menurut Bambang, sejumlah program banyak dilaksanakan selama lima tahun terakhir dalam rangka peningkatkan akreditasi prodi. Mulai dari peningkatan kualitas dan kuantitas jumlah penelitian dosen dan mahasiswa, penulisan karya ilmiah untuk masuk ke jurnal-jurnal yang terindeks nasional maupun internasional, studi lanjut tenaga pengajar ke jenjang doktoral hingga pengembangan sejumlah fasilitas dan sarana pendidikan yang terstandar nasional.

Untuk program penelitian dosen misalnya, terjadi peningkatan jumlah penelitian lebih dari 20 persen dari tahun ke tahun. Penelitian dilakukan melalui dana hibah yang diraih dosen melalui program dari Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (kemenristekdikti) maupun Kopertis Wilayah V DIY.

“Kami juga mendorong dosen-dosen di dua prodi ini untuk studi lanjut S3. Saat ini sudah ada satu dosen yang mengambil kuliah program doktoral,” jelasnya.

Selain itu, sesuai visi dan misi UP 45 Yogyakarta dalam pengembangan energi, prodi-prodi di UP 45 difokuskan untuk memiliki program dan kurikulum yang mendukung kebijakan tersebut.

Prodi Psikologi contohnya, difokuskan pada penyelenggaraan penddikan tinggi yang mengembangkan dan menerapkan Psikologi di bidang migas dan energi yang berfokus pada community development dan enterpreneurship bagi kesejahteraan masyarakat dengan dilandasi semangat nilai-nilai kejuangan eksponen dan Angkatan 45.

“Dengan demikian kami mampu menghasilkan lulusan sarjana psikologi yang unggul dan profesional di bidang migas dan energi yang berfokus pada community development dan enterpreneurship untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang senantiasa berubah dan berkembang,” ungkapnya.(*/yve)