Dua Suporter Bola Rusuh

2182
Situasi tawur antar supporter Bonek Persebaya dan Jack mania yang menyebabkan kendaran rusak dan supporter sesak nafas hingga luka terkena lemparan batu, Minggu (3/06/2018) siang di Kompleks Stadion Sultan Agung (SSA) Bantul. Pertandingan kedua tim dijadwalkan malam ini. (istimewa)

KORANBERNAS.ID–Pertandingan  Liga 1  antara Persebaya  kontra Persija dijadwalkan dihelat Minggu (3/06/2018) pukul 20.30 WIB. Namun suporter kedua tim sudah nampak berdatangan ke Stadion Sultan Agung (SSA) Bantul tempat digelarnya pertandingan sejak pagi hari. Namun saat 4 bus suporter Persija  jackmania ke kompleks stadion  sekitar pukul 10.00 WIB ternyata disambut dengan lemparan batu suporter Persebaya Bonek yang sudah ada di lokasi terlebih dahulu.

Tidak terima dengan lembaran batu, suporter jackmania segera turun di sebelah timur stadion dan membalas dengan lemparan batu. Saling lembar dan kerusuhan berlangsung sekitar satu jam hingga  menimbulkan korban luka di kedua belah pihak akibat terkena batu yang beterbangan. Aparat kepolisian baik Polres Bantul ataupun jajaran Polsek melakukan pengamanan dan melerai kedua pihak. Namun suporter tetap saling lempar sehingga  warga yang akan melintas sekutar stadion memilih menghindar.

Baca Juga :  Tukang Sayur pun Bisa jadi Juragan
Bonek digotong (istimewa)

Barulah sekitar pukul 11.30 WIB Kapolres Bantul, AKBP Sahat Marisi Hasibuan datang ke lokasi dan memerintahkan anggotanya untuk mengambil tindakan tegas dengan menembakan gas air mata.  Sekitar satu jam suara tembakan untuk membubarkan massa terdengar dari kompleks stadion kebanggaan orang Bantul tersebut.

Mobil rusak akibat kerusuhan (istimewa)

Tindakan tegas itu mampu membubarkan massa dan Bonex memilih bergerak  ke  barat stadion   dengan berkumpul  di  simpang empat Sudimoro (Jalimbar). Sementara jackmania berada di  parkiran timur  stadion SSA. Hingga berita ini diturunkan aparat keamanan ditambah personil dari TNI masih melakukan penjagaan ketat di lokasi.

“Saya terkena gas air mata dan terasa pedih,” ujar seorang wartawan lokal di lokasi. (yve)

Baca Juga :  PT Harus Berperan Jadi "Smartpower"