Dua Wisatawan Terseret Ombak Pantai Baron

216
Dua korban yang terseret ombak Pantai Baron berhasil diselamatkan petugas, Jumat (06/04/2018). (st aryono/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID — Ombak kawasan Pantai Baron Gunungkidul kembali mengamuk. Dua orang wisatawan yang sedang bermain-main air, terseret gelombang tinggi, Jumat (06/04/2018) siang.

Korban berhasil diselamatkan Tim SAR meski sempat pingsan karena terlalu banyak minum air laut.

Menurut Sekretaris SAR Wilayah II Pantai Baron, Surisdiyanto, kejadian ini berawal ketika itu korban Slamet Riyadi (18) mahasiswa warga Pilang Masaran Sragen Jawa Tengah tengah bermain air di aliran sungai Pantai Baron bersama teman-temannya.

Tidak puas bermain air di pinggir, korban akan menyeberangi sungai menuju tengah di sebelah selatan. Namun sayangnya, korban yang tidak bisa berenang justru terseret arus air yang kuat kemudian tenggelam.

Nasib naas juga dialami oleh temannya Kardi (20) warga Sukorejo Tawangsari Sukoharjo yang hendak menolong Slamet Riyadi namun apes ikut terseret arus.

“Tujuannya akan menolong temannya yang tenggelam, tapi malah ikut terseret arus. Keduanya akhirnya tenggelam,” jelas Suris.

Melihat kejadian tersebut, tim SAR langsung mengerahkan personel untuk menolong korban. Dibantu nelayan, regu penolong ini menggunakan kapal jungkung untuk mengevakuasi kedua korban dan dibawa ke Pos SAR.

“Tidak ada luka yang berarti. Korban hanya shock dan mengalami pingsan. Setelah dievakuasi, kami bawa ke pos SAR untuk perawatan,” jelasnya.

Dengan kejadian ini Surisdiyanto mengingatkan kepada wisatawan untuk berhati-hati dan mengindahkan imbauan Tim SAR saat bermain di kawasan pantai. Hal ini dilakukan agar saat berlibur tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. (sol)