Dubes Uni Eropa Sowan Sultan

180

KORANBERNAS.ID – Hari belum beranjak siang, Rabu (01/11/2017), ketika rombongan tamu Duta Besar (Dubes) Uni Eropa memasuki komplek Kantor Gubernur DIY Kepatihan di Jalan Malioboro.

Secara khusus, Dubes Uni Eropa untuk Republik Indonesia, Vincent Guerend, sowan ke Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X.

Agenda kunjungannya kali ini selain untuk berdiskusi sekaligus membuka kesempatan bagi para pelajar Kota Yogyakarta melanjutkan pendidikan ke universitas di Uni Eropa. “Kami juga berdiskusi bidang sosial dan ekonomi,” ujarnya usai pertemuan di Gedhong Wilis.

Sultan HB X  menuturkan minat pelajar Kota Yogyakarta melanjutkan pendidikan ke Uni Eropa meningkat. Dia kemudian menyebut Inggris sebagai salah satu negara yang paling diminati.

Baca Juga :  Ada Wedang Uwuh di Resto Bondan Winarno

Kebetulan pada hari yang sama berlangsung event European Higher Education Fair (EHEF) 2017 di Jogja Expo Center (JEC). Pameran pendidikan ini diikuti 130 peserta dari sebelas negara di Eropa.

Sultan pun mengapresiasi kegiatan itu, semoga bermanfaat bagi para pelajar yang ingin melanjutkan pendidikan di Uni Eropa.

“Negara-negara di Eropa tidak hanya menawarkan kualitas pendidikan yang baik, tapi juga membuka kesempatan bagi warga Indonesia termasuk Yogyakarta untuk mendapatkan beasiswa,” kata Sultan HB X yang juga Raja Keraton Yogyakarta ini. (sol)