Durian Kotagede yang Menggoda Selera

491

KORANBERNAS.ID – Pohon durian umumnya ditanam di daerah lereng pegunungan. Tapi siapa sangka buah yang banyak digandrungi itu tumbuh subur berbuah lebat di Kotagede Yogyakarta.

Bahkan, pohon durian yang berdiri kokoh di halaman rumah R Artiyadi di Gang Sadewa Prenggan ini buahnya terlihat bergelantungan, saking banyaknya.

Uniknya lagi, saat buah-buah durian seukuran bola itu siap petik, sudah tumbuh buah-buah kecil seukuran bola pingpong, menggerombol pada batang-batangnya.

“Ini durian montong. Bibitnya dari Jakarta. Di supermarket harganya bisa mahal,” ungkap R Artiyadi kepada koranbernas.id Selasa (10/10/2017).

Buahnya bergelantungan. (istimewa)

Seperti halnya perlakuan durian pada umumnya, setiap buah diikat tali rafia, supaya ketika buah matang di pohon tidak jatuh mengenai warga yang kebetulan lewat. Maklum saja, pohon durian itu tumbuh di perkampungan yang relatif padat penduduk.

Baca Juga :  Awas Hujan di Awal Musim Pancaroba

Selain mengikatnya dengan tali rafia, suami dari Dra Sri Retnowati itu juga membuat pengaman tambahan, berupa bentangan jaring persis di bawah pohon itu. Tujuannya sama, untuk jaga-jaga apabila buah durian jatuh tidak mengenai warga.

R Artiyadi, pemilik pohon durian ini juga tidak menyangka pohon durian tumbuh subur dan berbuah sangat banyak.

Setiap tamu yang datang selalu tidak percaya, penasaran sekaligus tergugah seleranya tatkala mengamati buahnya.

pohon belum terlalu tinggi tapi buahnya lebat. (istimewa)

Di kawasan Kotagede yang merupakan dataran rendah, pohon durian ini sudah berkali-kali panen.

Setidaknya, jika ingin menikmati durian Artiyadi dan keluarga tidak perlu membeli, cukup memetiknya dari pohon di halaman rumah sendiri. (sol)