Faktor Alam Bikin Atlet Gunungkidul Rajai Lomba

281
Pelari melesat di garis start dalam Tri Lomba Juang di Lapangan Minggiran Suryodiningratan Mantrijeron, Minggu (13/08/2017). (dwi suyono/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID — Para atlet dari kabupaten Gunungkidul berjaya dan merajai event Tri Lomba Juang 2017 yang digelar Pemerintah DIY melalui Balai Pemuda dan Olahraga (BPO) DIY.

“Dari berbagai nomor yang dilombakan hampir 75 persennya juara disabet oleh tim Gunungkidul,” ungkap Bambang Dewanjaya,  pelaksana kegiatan itu, Minggu (13/08/2017).

Ini karena para pembina olahraga di Gunungkidul memang mengkondisikan prestasi atlet-atletnya di nomor nomor lari jarak pendek dan jarak menengah serta jarak jauh.

Selain itu, faktor alam dan kondisi geografis daerah Gunungkidul juga sangat mendukung sebagai sarana pelatihan. Setidaknya, jalan-jalan di wilayah ini rata-rata naik turun penuh tanjakan dan kelokan.

Bambang yang juga pengurus PASI DIY ini  menambahkan sebaiknya para pembina dan pelatih di daerah mulai fokus terhadap nomor- nomor yang dianggap mampu mendulang prestasi. Ini juga harus disesuaikan dengan keadaan alam dan dukungan berbagai sarana serta prasarana.

Baca Juga :  Olahraga Jauhkan Sentimen SARA

Sebenarnya DIY memiliki potensi atlet luar biasa dan lagi didukung oleh faktor alam. Di Sleman ada Cangkringan dan Bantul ada kawasan Imogiri dan Kulonprogo juga memiliki perbukitan Menoreh sehingga dapat menunjang prestasi dan kemampuan mereka.

Inilah pentingnya dibangun sarana pendukung seperti asrama atlet di sekitar perbukitan misalnya di Imogiri  dan Menoreh atau di Cangkringan. Dengan begitu, lokasi berlatih sangat dekat asrama sehingga atlet menjadi terfokus dan terintegrasi.

Kasi Olahraga BPO DIY Eka Heru Prasetya menambahkan pihaknya akan selalu melakukan berbagai kegiatan untuk menunjang prestasi atlet, termasuk penyelenggaraan Tri Lomba Juang ini. Masih banyak event lain digelar oleh BPO sebagai bagian pembinaan dan peningkatan prestasi atlet. (dwi suyono)

Baca Juga :  Piala ASPROV PSSI DIY Baturetno Juara KU-11, Kalasan A Kampiun KU-9