Fenomena Langka Blood Moon, Warga Yogyakarta Sholat Gerhana

302
Para siswi Madrasah Muallimaat Muhammadiyah Yogyakarta sholat gerhana total di sekolah, Rabu (31/01/2018). (yvesta putu sastrosoendjojo/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID— Menghadapi fenomena Super Blue Blood Moon, warga Yogyakarta di sejumlah titik melaksanakan sholat gerhana bulan, Rabu (31/01/2018) malam pada pukul 19.51 WIB. Sebut saja di Madrasah Muallimaat Muhammadiyah Yogyakarta, sekitar seribu siswi sekolah tersebut bersama-sama sholat didampingi guru dan Ustadz Muhajir Al Mahmudi dari Pendidikan Ulama Tarjih Muhammadiyah (PUTM).

Selain di sekolah, siswi kelas X dan XI Program Keagamaan serta perwakilan siswi tingkat Aliyah juga melakukan sholat gerhana di Islamic Centre Universitas Ahmad Dahlan (UAD). Sebagian lainnya bersama musyrifah dan pamong asrama Salsabila sholat di Masjid Gedhe.

Direktur Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Agustyani Ernawati SPd mengungkapkan, kegiatan ini antara lain adalah untuk mengaplikasikan pengetahuan yang didapat di Madrasah, salah satunya Ilmu Falak. Dengan demikia mereka bisa mensyiarkannya kepada masyarakat.

Baca Juga :  Dua Sekolah Masih Terima Pendaftaran

“Kegiatan dimulai dengan sholat isya berjamaah, kemudian jamaah menunggu saat-saat gerhana bulan datang dan segera akan dilaksanakan sholat gerhana bulan,” jelasnya.

Di tempat terpisah Pusat Studi Astronomi UAD melakukan mengobservasi Gerhana Bulan Total di sekitar masjid Islamic Center UAD. Sejumlah teleskop telah dipersiapkan oleh Pusat Studi Astronomi yang dioperasikan oleh mahasiswa-mahasiswa S1 dan S2 Pendidikan Fisika UAD.

“Kami juga menyiapkan juga teleskop untuk keperluan pengambilan data dan streaming,” papar Kepala Pusat Studi Astronomi UAD, Yudhiakto Pramudya PhD.

Yudhi menjelaskan, gerhana dimulai pukul 17.51 WIB. Bulan memasuki fase Gerhana Bulan pada pada 19.52 WIB sekitar 1 jam dan berakhir pada pukul 21.08 WIB.

Baca Juga :  Widodomartani Desa Mandiri Gemar Membaca Pertama di DIY

Majelis Tarjih dan Tajdid Pengurus Pusat Muhammadiyah menyatakan yang disunnahkan untuk salat sunah gerhana adalah selama fase Gerhana Bulan Parsial dan Gerhana Bulan Total karena tidak mencakup pada fase Gerhana Bulan Penumbra. Karena itu sholat sunah gerhana dapat diselenggarakan pada rentang waktu tanggal 31 Agustus 2017 pukul 18.48 WIB sampai pada pukul 22.11 WIB. (yve)