Festival Dayung Jadi  Ikon Laguna Depok

167
Salah satu peserta Festival Dayung di Laguna Depok Pantai Parangtritis Minggu (2/09/2018) pagi yang berakhir sore hari. (Sari Wijaya/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID–Untuk pertama kalinya Festival Dayung digelar di Laguna Pantai Depok Parangtritis, Minggu (02/09/2018) dan dibuka oleh Bupati Bantul H Suharsono. Festival diikuti 70 tim baik lokal Bantul ataupun dari wilayah lain se DIY, berlangsung dari pagi berakhir sore hari.

“Ini baru pertama kalinya digelar dan akan kita gelar rutin setiap tahun,”kata Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul, Kwintarto Heru Prabowo kepada wartawan di lokasi.

Ke depan Festival Dayung diharapkan menjadi ikon  wisata Laguna Depok yang lokasinya berdekatan dengan Mako Pol Airud Polda DIY tersebut.

“Sebagai rangkaian kegiatan digelar juga Pasar Malam menyajikan berbagai kuliner tradisional dari Kabupaten Bantul,”kata Kwin.

Kegiatan ini, katanya, sekaligus ini sebagai rintisan kegiatan wisata malam di Pantai Parangtritis. Untuk festival sendiri, pihaknya menyediakan hadian total Rp 48 juta.

Sementara itu Bupati Bantul menyambut baik digelarnya Festival Dayung Laguna Depok.

“Tentu ini menjadi promosi yang efektif bagi sektor pariwisata yang ada di Kabupaten Bantul,”kata Bupati. Terlebih untuk Laguna Depok relatif masih baru sebagai destinasi di Bantul. Maka adanya olahraga dayung akan menjadi daya tarik dan semakin banyak wisatawan yang datang.

“Bahkan tidak menutup kemungkinan ke depan ada juga atlet-atlet internasional yang ambil bagian dalam festival  tersebut. Dengan demikian keberadaan wisata Bantul akan semakin moncer tidak hanya lokal maupun nasional, namun juga dunia internasional. Ini tentu berdampak positif bagi masyarakat Bantul secara keseluruhan khususnya dalam peningkatan kesejahteraan melalui sektor pariwisata,”katanya.

Selain juga adanya Festival dayung menjadi sarana bagi para atlEt untuk berkompetisi dan mematangkan kemampuanNya. Juga menjaring atlet atau bibit-bibit olahragawan di bidang dayung.

”Selain tentunya ajang ini akan meningkatkan  kerukunan antar kabupaten/Kota di DIY melalui wadah olahraga,” kata Bupati. (SM)