Festival Garis Imajiner, Bantaran Code pun Disulap Jadi Panggung

270
Atraksi anggota Polres Sleman dalam Pawai Kebangsaan yang digelar bersamaan dengan Festival Garis Imajiner di bawah Jembatan Baru UGM barat Bantaran Sungai Code, Kamis (21/09/2017) sore.(Istimewa)

KORANBERNAS.ID–Untuk menggambarkan perjalanan hidup Panembahan Senopati menuju tahta hingga terjadinya upacara Labuhan Merapi, Dinas Kebudayaan (Disbud) Sleman mengemas menjadi agenda menarik yakni Festival Garis Imajiner yang dipusatkan di Bantaran Sungai Code Bawah Jembatan Baru UGM.

Dipilihnya lokasi ini menurut Aji Wulantoro selaku  Kepala Dinas Kebudayaan Sleman, karena di tempat ini dianggap sebagai  titik bertemunya garis imajiner antara Laut Selatan, Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat, Tugu Jogja dan Gunung Merapi.

“Acara dimeriahkan dengan pawai seni budaya yang melibatkan 34 group kesenian dan bregodo. Pawai dimulai pukul 14.30 WIB dengan start dari arah Selatan di depan Hotel Tentrem, arah Barat dari depan Pasar Kutu dan arah Utara dari Depan Monumen Jogja Kembali,” kata Aji, Jumat (22/09/2017).

Baca Juga :  Di DIY, Angka Kecelakaan Kerja Masih Tinggi

Dalam kegiatan ini dikutkan pula Pawai Kebangsaan dari anggota Polres Sleman dengan pria berpakaian seragam polisi yang memakai blangkon dan kombinasi kain jarit sehingga menarik para pengunjung yang menyaksikan. Bersama mereka juga bergabung anggota PASKIBRAKA (Pasukan Pengibar Bendera Pusaka) Sleman tahun 2017.

Wakil Bupati Sleman Hj Sri Muslimatun yang hadir dalam acara tersebut menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada seluruh pelaku seni. Karena kegiatan yang baru pertama kali ini digelar telah mampu menyedot perhatian pengunjung.

Sehingga ke depan perlu dikemas menjadi lebih menarik lagi. Kegiatan ini selain untuk nguri-uri budaya juga untuk mengenang kembali sejarah masa lalu yakni kisah perjalanan Panembahan Senopati, yang dapat menjadi teladan dan diambil hikmah dari kepemiminan para pendahulu.

Baca Juga :  Sri Iswanti Diceburkan ke Sumur Saat Pingsan

Panggung yang berada persis dibawah Jembatan Baru UGM di Barat Bantaran Sungai Code ini dihias dengan lampu warna-warni. Sehingga ketika malam hari begitu indah. Ditempat ini ditampilkan atraksi seni selama 3 malam mulai 21, 22 dan 23 September 2107, yang melibatkan 21  kelompok kesenian. (SM)