Festival Kesenian Sleman Berlangsung Tiga Hari

161
Salah satu grup kesenian kecamatan tampil pada festival kesenian di Lapangan Denggung Sleman. (istimewa)

KORANBERNAS.ID – Kepala Dinas Kebudayaan Sleman HY Aji Wulantara SH MHum menyatakan, upaya mendukung percepatan program kecamatan sebagai pusat pengembangan kebudayaan terus dilakukan.

Hal ini dibuktikan dengan digelarnya event Festival Kesenian Sleman dan Festival Teater tradisional Kabupaten Sleman 2018 yang berlangsung tiga hari, 21-23 April di lapangan Denggung.

“Agenda itu juga dimaksudkan untuk pembinaan, pelestarian dan pengembangan kesenian serta memberikan ruang berekpresi terhadap penciptaan sebuah karya seni yang berkualitas,” kata Aji, Selasa (24/04/2018).

Festival Kesenian Sleman diikuti grup-grup kesenian andalan dari 17 kecamatan se-Kabupaten Sleman, sedangkan Festival Teater Tradisional diikuti 9 grup.

HY Aji Wulantara SH MHum. (istimewa)

Wakil Bupati Sleman Dra Hj Sri Muslimatun MKes  mendukung penyelenggaraan festival tersebut. Rangkaian kegiatan ini berpengaruh signifikan terhadap pengembangan, pelestarian dan  upaya peningkatan apresiasi masyarakat terhadap seni budaya lokal.

Baca Juga :  PDHI Rintis Pesantren Berbasis Lingkungan Hidup

Dia berharap para seniman di kabupaten ini terus berkarya menunjukkan kreativitas  dan inovasinya. “Dengan terus berkarya, berkreasi dan berinovasi, maka seni budaya yang menjadi jati diri masyarakat Sleman dapat terus eksis,” ujarnya.

Seni budaya harus menjadi sesuatu yang migunani bagi masyarakatnya, sebagai tontonan yang bersifat mengibur ataupun tuntunan yang memberi inspirasi  dan pencerahan hidup dan kehidupan masyarakatnya.

“Semua seniman dan pelaku seni di Sleman harus terpanggil untuk meningkatkan kualitas, sehingga dapat menggugah kesadaran  masyarakat akan tinggi dan berbobotnya seni dan budaya lokal kita sendiri,” kata  Sri Muslimatun.

Dengan demikian kegiatan ini  menjadi event yang selalu  dinanti  oleh masyarakat, dan masyarakat memiliki rasa handarbeni terhadap karya seni budaya sendiri. (sol)

Baca Juga :  Dispora Bina Pelajar agar Tak Kena Narkoba