Festival Kethoprak Siap Meriahkan Sleman

274
Aji Wulantara (bid)

KORANBERNAS.ID — Sebanyak 17 grup ketoprak perwakilan dari masing-masing kecamatan se Kabupaten Sleman akan mengikuti kompetisi dalam Festival Ketoprak Antar Kecamatan se Kabupaten Sleman Tahun 2017.

Festival kethoprak ini diselenggarakan dalam rangka Gelar Budaya Jogja sekaligus untuk menggali potensi dan regenerasi seniman yang ada di Kabupaten Sleman. Kegiatan dilaksanakan selama 9 hari berturut-turut mulai Sabtu, 19 hingga 27 Agustus 2017 pukul 19.00 WIB di Lapangan Sendangagung, Minggir Sleman.

Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Sleman, Aji Wulantara disela Peringatan HUT RI ke 72 di Monumen Plataran Selomartani Kalasan Sleman, Kamis (17/08/2017) mengungkapkan, festival itu untuk mensukseskan Gelar Budaya Jogja yang merupakan program besar Dinas Kebudayaan DIY.

“Festival ini menggali dan menjaring potensi seniman kethoprak yang ada ditingkat masyarakat serta sebagai wujud kepedulian dan perhatian pemerintah Kabupaten Sleman terhadap kelestarian kehidupan seni teater tradisional khususnya ketoprak,” ungkapnya.

Baca Juga :  Perbedaan Si Kaya dan Si Miskin di Sleman Njomplang

Selain itu dengan Festival Kethoprak Antar Kecamatan ini dapat menggugah kembali semangat kebersamaan dalam rangka beraktifitas dan berkreasi dalam bingkai kompetisi di kalangan seniman seniwati ketoprak.

“Festival ketoprak ini bertujuan untuk melestarikan seni tradisi lokal serta menumbuhkan apresiasi seni masyarakat luas terhadap seni ketoprak,” kata Aji.

Diharapkan ajang ini dapat menjadi media beraktivitas dan peningkatan kualitas seniman ketoprak guna mempertahankan eksistensi jati diri seniman ketoprak sebagai salah satu akar budaya seni kerakyatan. Tentunya semua ini dimaksudkan untuk mendukung dan mengimplementasikan keistimewaan DIY.

Festival kethoprak ini memperebutkan hadiah sebesar Rp 59,50 juta dengan perincian untuk penyaji terbaik 1 memperoleh hadiah sebesar Rp 10 juta, penyaji terbaik 2 Rp 7,5 juta, penyaji terbaik 3 Rp 6 juta, penyaji terbaik 4 Rp 5,5 juta, penyaji terbaik 5 Rp 4 juta, penyaji terbaik 6 Rp 3,5 juta dan penyaji pembinaan terbaik Rp 3 juta.

Baca Juga :  Watimpres Akui Pendidikan Sekarang Tidak Mudah

Sedangkan untuk penghargaan perorangan meliputi untuk sutradara terbaik, penata iringan terbaik, penata rias busana terbaik, pemeran utama pria terbaik, pemeran utama wanita terbaik, pemeran pembantu pria terbaik, pemeran pembantu wanita terbaik dan artistik terbaik masing-masing akan memperoleh hadiah sebesar Rp 2,5 juta.

Adapun dewan juri yang akan menilai dalam rangkaian Festival Kethoprak Antar Kecamatan se Kabupaten Sleman adalah Suharsoyo, Purwatmadi dan Sukaca. (bid jalasutra/yve)