Firmansyah: Saatnya Manfaatkan Teknologi untuk Gaya Hidup Sehat

196
Para pembicara saat acara Indihome Gathering dan Community Jogja 2018, Rabu (02/05/2018). (Surya Mega)

KORANBERNAS.ID—Perkembangan teknologi, telah mengubah perilaku manusia. Teknologi telah menawarkan banyak kemudahan. Termasuk dalam hal membiasakan diri berperilaku hidup sehat.

“Sekarang semua ada di internet. Asalkan mau, setiap orang bisa mengakses informasi apapun. Termasuk pengetahuan dan tatacara berperilaku hidup sehat,” kata GM Witel Yogyakarta Firmansyah, pada acara Indihome Gathering dan Community Jogja 2018, Rabu (01/05/2018).

Gathering mengundang puluhan pelanggan Indihome, dan menghadirkan sejumlah pembicara dari ahli gizi, praktisi fitness serta startup muda pencipta brand Gifood, Fathin Naufal Nur Islam.

Menurut Firmansyah, ada yang menyebut perkembangan teknologi sekarang ini, telah membuat penggunanya malas atau enggan beraktivitas fisik. Telkom dengan Indihome nya, menyodorkan begitu banyak alternative tayangan ataupun hiburan. Sehingga tidak sedikit yang menghabiskan waktu dengan menonton tayangan UseeTV.

Baca Juga :  Anak-anak Minta Endah Dibebaskan

“Padahal, pelanggan kita mestinya justru semakin bisa mengontrol waktu, termasuk untuk menikmati hiburan yang diinginkan. Mereka memiliki kesempatan untuk memutar ulang atau me-rewind sebuah tayangan UseeTv, ketika belum berkesempatan melihatnya,” lanjut Firman.

Dengan teknologi ini, maka pelanggan tidak memiliki alasan untuk mengorbankan aktivitas lain. Misalnya demi melihat tayangan sepakbola yang ditayangkan larut malam atau dini hari.

“Jadi kita mestinya yang mengontrol hiburan atau tayangan televisi, bukan sebaliknya teknologi dan hiburan yang mengontrol kita,” tandas Firman.

Ahli Gizi dari UGM, Dr Sri Hartini juga menunjukkan begitu banyaknya informasi mengenai kesehatan dan gaya hidup sehat yang bisa diakses di internet. Bahkan sembari menonton tayangan televisipun, saat ini masyarakat bisa sekaligus mengakses informasi melalui perangkat yang sama.

Baca Juga :  Sidomulyo Sentra Wisata Pisang, Mulyodadi Gayam

Masyarakat, katanya, dapat memanfaatkan kelebihan-kelebihan teknologi untuk hal-hal yang positif.

“Di sana semua sudah lengkap. Mulai dari informasi mengenai program latihan, menu sehat dan lain sebagainya. Nah mestinya teknologi lebih diarahkan untuk mendapat manfaat seluas-luasnya,” katanya.

Dalam kesempatan ini, Dr Hartini juga menyoroti kebiasaan diet yang keliru di masyarakat. Dia menyebut, diet yang paling baik adalah dengan tetap menyplai kebutuhan tubuh sesuai dengan kebutuhannya dan menjadi pola keseharian dalam jangka panjang.

“Sekarang banyak cara diet yang begitu popular. Tapi hati-hati, jangan keliru memilih cara diet karena justru akan merugikan kesehatan,” katanya. (SM)