Formasi 51 Paramotor di Jogja Air Show Pecahkan MURI

93
Pelaksanaan Jogja Air Show 2018 di Pantai Depok pada Minggu (18/02/2018) dipadati pengunjung termasuk yang asyik berswa foto. (istimewa)

KORANBERNAS.ID–Pelaksanaan Jogja Air Show (JAS) 2018 di kawasan Pantai Selatan Bantul sukses dilaksanakan sejak Sabtu (17/02/2018) dan puncaknya Minggu ( 18//02/2018) ini. Selama pelaksanaan dua hari JAS 2018 dengan tema “Pelangi Nusantara” tersebut mampu menyedot puluhan ribu pengunjung.

Hal itu terbukti dengan berjubelnya kendaraan baik roda dua ataupun roda empat ke arah pusat JSA 2018 yakni Airstrip atau landasan pacu (Runway) Pantai Depok.

Nampak hadir diantara puluhan ribu pengunjung dalam acara hasil kerjasama Lanud ADS, FASI DIY, Dibudpar DIY, Dinpar Bantul dan Pemkab Bantul adalah Gubernur DIY Sri Sultan HB X, Kapolda DIY Brigjen Ahmad Dhofiri, Bupati Bantul H Suharsono dan pejabat lainya baik di lingkungan Pemda DIY ataupun Pemkab Bantul

Baca Juga :  Ini Cara Jurnalis Dukung Pemkab untuk Raih Adipura

Gubernur DIY hadir sekitar pukul 8.45 WIB dengan menggunakan helikopter didampingi Danlanud Adisutjipto Marsma TNI Novyan Samyoga di Runway Pantai Depok.

“Luar biasa bagus apa yang dihadirkan dalam Jogja Air Show 2018,” kata Sultan.

Untuk manuver yang dilakukan Jupiter Akrobatic Team (JAT) juga luar bisa menarik dan  mengundang animo penonton.

Pada kesempatan JAS 2018 tim JAT menampilkan manuver Jupiter loop, solo spin, jupiter rool serta, jupiter crossover yang terus mengundang decak kagum penonton.

“Saya berharap adanya JAS ini bisa meningatkan jumlah wisatawan dan kecintaan pada olahraga dhirgantara. Saya rasa JAS mampu menjadi agenda tahunan yang pemasaranya sangat bagus dan banyak peminatnya,”katanya..

Baca Juga :  Pasar Hewan Pindah ke Lokasi Baru

Sementara itu dalam pelaksanaan JAS 2018 yang jumlah penontonnya membludag  dibanding hari pertama, telah terjadi pemecahan Museum Rekor Indonesia (MURI) untuk penerbangan paramotor berformasi tepat diatas Runway Pantai Depok.

Setidaknya ada 51 paramotor yang mengudara,  dan jumlah ini lebih tinggi dari jumlah yang dipecahkan di Ngawi beberapa waktu sebelumnya yakni 44 paramotor.

“Kita berhasil memecahkan rekor MURI yakni menerbangkan 51 paramotor,”kata Danlanud dalam sambutannya.

Saat terbang, paramotor ini membuat formasi biasa yakni memutar tiga sampai empat kali untuk kemudian kembali mendarat ke Pantai Parangtritis. Pantai Parangkusumo ataupun pantai Depok. Tim paramotor star dari Pantai Parangkusumo. (SM)