Foto Dulu Baru Digambar di Kertas

111
Siswa SMP Sekolah Tumbuh Yogyakarta mengikuti outing di GL Zoo. (istimewa)

KORANBERNAS.ID — Puluhan siswa SMP Sekolah Tumbuh Yogyakarta Educational Spirit Sewon Bantul melaksanakan kegiatan menggambar saat outing di Gembira Loka Zoo (GL Zoo), Rabu (12/09/2018). Pembelajaran di luar kelas seperti ini setidaknya dilakukan sekali satu bulan.

Guru seni rupa SMP Tumbuh High School Yogyakarta,  Andi Purnawan Putra, menjelaskan aktivitas menggambar suasana di GL Zoo ini diikuti 40 siswa.

Mereka  bebas memilih obyek yang akan dilukis. Ada yang mengambar gajah, kapal katamaran dan speedboat di danau buatan Mayang Tirta.

Menurutnya, para siswa adalah anak-anak disabilitas atau berkebutuhan khusus. “Mereka ada yang tunagrahita dan anak-anak yang butuh perlakuan khusus lainnya,” kata dia.

Baca Juga :  Jangan Hanya Jadi Penonton NYIA

Di kebun binatang itu para siswa ditugasi menggambar obyek yang tidak dijumpai di sekolah maupun di rumah.

Selain menggambar dengan pensil, para siswa juga diminta mengambil gambar unsur hewan dan tumbuhan dengan handphone.

Selanjutnya, hasil  foto dari kamera handphone digambar ulang menggunakan pensil di atas kertas putih. Metode ini merupakan bagian dari upaya melatih daya ingat, motorik dan estetika mereka.

Menurut Andi,  Tumbuh High School memberikan layanan pendidikan jenjang SMP dan SMA.

Sekolah ini menerapkan pendidikan untuk semua, menghargai dan menghormati perbedaan, tumbuh dalam keberagaman agama, ekonomi, budaya dan kebutuhan khusus.

“Ada beberapa siswa orang tuanya dari negara lain,” katanya. (sol)

Baca Juga :  Warga Evakuasi Korban dengan Alat Seadanya