Gelar Piala Raja, akan Diperebutkan Ribuan Taekwondoin

1203
Audiensi pihak UKDW ke Kepatihan, Rabu (6/9) kemarin, tentang kesiapan penyelenggaraan kejuaraan taekwondo internasional Duta Wacana Open.

KORANBERNAS.ID – Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) berencana akan menggelar Kejuaraan Taekwondo “DUTA WACANA Open Taekwondo International Championship 2017”. Kejuaraan itu direncanakan digelar pada 19 November 2017 di GOR Utama UNY.

Menariknya, kejuaraan ini merupakan event pertama kalinya UKM Taekwondo UKDW untuk tingkat internasional. Dan, mulai tahun ini, kejuaraan tersebut akan memperebutkan Trofi Piala Raja Sri Sultan Hamengku Buwono X. Rektor UKDW Ir Henry Feriady MSc PhD menyebutkan perencanaan kejuaraan ini telah direncanakan sejak tahun 2016.

“Di mana pada Kejuaraan ini nantinya, UKDW akan bekerjasama dengan Pengkot TI Kota Jogja, Pengda TI DIY dan PB TI. Selain itu, kejuaraan ini juga didukung oleh KONI DIY, Pemkot Kota Jogja dan Kemenpora,” kata Henry.

Sementara itu, Panitia Pelaksana Budi Setiadi Ibrahim kepada Koran Bernas menyebutkan, “DUTA WACANA Open Taekwondo International Championship 2017”, akan mempertandingkan dua kategori yaitu kyoruki (individual fighting) dan poomsae (jurus) untuk usia 8 – 50 tahun ke atas.

Diharapkan dalam kejuaraan berlevel internasional ini bisa diikuti oleh lebih dari lima negara dengan 1.000 lebih atlet. Budi menjelaskan Rektor UKDW Henry Feriady menyambut baik dan mendukung pelaksanaan kejuaraan taekwondo DUTA WACANA Open, bahkan Rektor UKDW dan Wakil Rektor III Joko Purwadi telah beraudiensi dengan Walikota Jogja Haryadi Suyuti, Kapolda DIY Brigjen Polisi Drs H Ahmad Dhofiri MSi dan yang utama kepada Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X.

“Kepada Sultan kami menyampaikan perihal rencana penyelenggaran kejuaraan ini sekaligus memohon beliau agar berkenan sebagai pelindung di dalam penyelenggaraan Kejuaraan Taekwondo Duta Wacana Open 2017 nanti,” kata Budi yang juga pelatih taekwondo di UKDW.

Secara resmi pada Rabu (6/9) kemarin, Rektor, Wakil Rektor III UKDW, Panitia Pelaksana dan Pengda TI DIY telah diterima oleh Sri Sultan Hamengkubuwono X di Kompleks Kepatihan.

Pada kesempatan tersebut Sri Sultan memberikan dukungan dan merestui Kejuaraan “DUTA WACANA Open Taekwondo International Championship 2017” untuk memperebutkan trofi Piala Raja Sri Sultan Hamengkubuwono X.

“Karena selain memperkenalkan Yogyakarta sebagai salah satu tujuan wisata juga kejuaraan ini diharapkan memberikan kontribusi positif terhadap pembinaan olahraga, khususnya taekwondo di DIY. Untuk itu Kejuaraan Taekwondo “Duta Wacana Open” yang memperebutkan Piala Raja ini dapat dijadikan agenda tahunan,” paparnya. (ros)