Gempa Tektonik 4.0 SR Guncang Bantul

345
dok BMKG DIY

KORANBERNAS.ID — Gempa tektonik mengguncang Bantul dan sekitarnya, Jumat (11/08/2017) pukul 18:38:34 WIB. Berdasarkan analisis BMKG, gempa bumi berkekuatan M:4.0 SR dengan episenter pada koordinat 8.49 LS dan 110.11 BT, tepatnya di laut pada jarak 70 km arah Barat Daya Bantul pada kedalaman 42 km.

Peta guncangan (shake map) BMKG dan laporan dr BPBD Kabupaten Bantul menyebutkan, dampak gempa bumi ini menimbulkan guncangan pada I Skala Intensitas Gempabumi BMKG atau II MMI di wilayah, Bantul, Sleman sekitarnya.

Ditinjau dari kedalaman hiposenternya, gempa ini merupakan gempa dangkal akibat aktivitas subduksi. Terkait dengan peristiwa gempa bumi yang baru saja terjadi ini, hingga laporan ini disusun pada pukul 19.00 WIB belum terjadi aktivitas gempa bumi susulan.

Baca Juga :  Ulama Ajak Pesantren Bersih dari Paham Radikal-Teroris

Sehubungan dengan kejadian gempa bumi disekitar Bantul, Kepala Stasiun Geofisika Kelas I Yogyakarta, I Nyoman Sukanta menghimbau masyarakat agar tetap tenang dan jangan mudah terpancing dengan isu yg menyesatkan. Masyarakat diharapkan selalu memantau informasi resmi yg disampaikan oleh BMKG Yogyakarta.

Hal senada disampaikan Pelaksana kepala BPBD Bantul Dwi Daryanto. Dwi membetulkan terjadinya gempa tersebut.

“Masyarakat diminta tetap tenang meski ada gempa,” ujarnya.(Sari Wijaya/yve)