Generasi Muda Bagian Penting Pembangunan Bangsa

202

KORANBERNAS.ID — Pembinaan generasi muda perlu menjadi perhatian semua pihak. Sebab mereka merupakan bagian penting dalam struktur bangsa dan negara.

“Semua pihak harus mampu bersinergi dengan baik untuk melakukan pembinaan generasi muda  karena generasi muda merupakan bagian penting dalam struktur berbangsa dan negara,” ungkap GKR Mangkubumi selaku Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) DIY disela penerimaan bantuan kendaraan operasional dari Dinas Kebudayaan DIY di kompleks  Balai Pemuda dan olahraga (BPO) DIY, Kamis (27/07/2017).

Menurut Mangkubumi, peran generasi muda menjadi pokok keberhasilan dalam pembangunan bangsa di masa depan. Karenanya ditengah perkembangan jaman yang semakin modern, generasi muda harus mampu melawan berbagai dampak negatif yang timbul dan dapat menggerus nilai nilai luhur bangsa ini.

Baca Juga :  Kolaborasi Apik Dozan Fujiwara di FKY

Salah satu upaya peningkatan kualitas dan karakter generasi muda adalah melalui kepramukaan. Pramuka merupakan organisasi yang memiliki struktur yang cukup kuat serta memiliki nilai sejarah panjang bangsa ini sehingga organisasi kepramukaan menjadi salah satu pilihan yang mampu melakukan pembinaan nilai nilai dan karakter bangsa ini.

“Oleh karena itu diharapkan semua pihak mau dan mampu bergerak secata sinergis dalam mengembangkan kemampuan generasi muda sehingga dapat dihasilkan kader penerus bangsa yang andal,” tandasnya.

Sementara Kepala Dinas Kebudayaan DIY, Umar Priyono mengemukakan bantuan yang diberikan merupakan wujud nyata dalam ikut membina generasi muda. Program tersebut menjadi hal penting dalam konsep pembinaan dan penguatan organisasi.

Baca Juga :  Malam Penutupan FKY, Dipungkasi Aksi Sosial untuk Lombok

“Diharapkan bantuan ini dapat meningkatkan kinerja organisasi kepramukaan  dalam membina generasi muda  juga dalam menjaga nilai nilai keistimewaan,” ujarnya.

Hal senada diungkapkan Kasie Pemuda BPO DIY, Drs Latanggang yang mengungkapkan pembinaan kepemudaan harus dilakukan secara terus menerus tanpa kenal putus dan harus berkesinambung.(yve)