Gerindra Kulonprogo Buka Pendaftaran Caleg

520

KORANBERNAS.ID— Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Gerindra Kulonprogo Selasa (01/05/2018) mulai membuka pendaftaran bakal calon anggota legislatif (Bacaleg) yang akan maju dalam Pemilu 2019 mendatang.

“Hari ini kita secara resmi membuka pendaftaran bacaleg untuk DPRD Kulonprogo. Setiap berkas yang keluar maaksimal 10 hari sudah harus dikembalikan,” jelas Lajiyo Yok Mulyono, Ketua DPC Partai Gerindra, Kulonprogo disela acara.

Dalam pencalegan ini, semua masyarakat boleh mendaftar di Kantor DPC Partai Gerindra. Mereka memiliki peluang yang sama untuk masuk dalam daftar caleg tetap Gerindra. Setiap pendaftar akan diseleksi administrasi dan Serangkaian. Salah satunya wawancara, dan memiliki visi misi yang sama untuk membesarkan partai dan mensejahterakan masyarakat.

“Setiap caleg yang mendaftar harus memiliki program kerja,” terangnya.

Saat pembukaan, sejumlah kader dan pengurus langsung mengambil berkas pendaftaran. Menjelang tengah hari sudah ada belasan yang mengambil berkas pendaftaran. Selebihnya yang hadir merupakan bacaleg yang akan maju dalam pencalonan di DPRD DIY. Sehingga mereka juga harus mengambil berkas pendaftaran di DPD Partai Gerindra DIY.

Baca Juga :  Pemkab Purbalingga Beli Buku Karya Penulis Lokal

Menurut Lajiyo, Gerindra sudah banyak mengantongi nama yang dipastikan akan maju dalam pencalegan lewat partainya Prabowo Subianto ini. Namun mereka belum bisa mengambil pada hari pertama pembukaan. Mereka ini akan mengambil formulir dalam beberapa hari kedepan. Bahkan dari kebutuhan sekitar 40 caleg, tinggal beberapa dapil yang kurang.

“Kita akan maksimalkan caleg sesuai aturan KPU,” ujar Lajiya yang sekarang ini menjabat Wakil Ketua DPRD Kulonprogo.

Di bagian lain diakuinya, pada awalnya untuk memenuhi kebutuhan 30 persen caleg perempuan memang ada sedikit kendala. Namun setelah dilakukan koordinasi pengurus partai dan organisasi sayap, masalah ini akan terprnuhi. Gerindra memiliki sayap partai berupa , Perempuan Indonesia Raya (Pira) yang banyak siap maju dalam pencalonan.

Baca Juga :  Kampung KB Sejahterakan Masyarakat

Sekretaris DPC partai Gerindra Kulonprogo, Adi Sutrisno mengatakan pada pemilu nanti mentargetkan 10 kursi untuk kabupaten. Srdang unyuk provinsi targetnta 2 kursi. Melihat perolehan lima kursi di DPRD Kulonprogo, cukup realistis target ini akan tercapai.

Apalagi sejumlah tokoh masyarakat, dan mantan anggota DPRD dari partai lain yang ikut bergabung dalam Gerindra untuk maju. Seperti Wiyono, Didik Suratman, Agus Sujarwo dan Siswandi, yang merupakan mantan anggota DPRD dari luar Gerindra yang bergabung dan akan maju dalam pencalonan. Beberapa mantan kepala desa juga akan ikut bergabung.

“Target 10 kursi ini sangat realistis, karena Gerindra semakin bisa diterima masyarakat,” imbuhnya.(yve)