Gerobak Baru Wujud Tertib PKL di Kampung Kepatihan

113
Ketua RW 9 Pujowinatan, Purwokinanti, Rusbandi menyerahkan bantuan gerobak angkringan kepada PKL, Kamis (5/4/2018)

KORANBERNAS.ID – Kampung Kepatihan, Kelurahan Purwokinanti, Kecamatan Pakualaman mencanangkan program Tertib Daerah Milik Jalan, kemarin. Program ini merupakan bagian dari Panca Tertib yang dikembangkan Pemerintah Kota Yogyakarta.

Salah satu program riil dari Tertib Daerah Milik Jalan diwujudkan dalam pemberian bantuan gerobak angkringan bagi para Pedagang Kaki Lama (PKL) di kampong tersebut. Bekerjasama dengan Yayasan Teratai Kasih Perempuan yang berbasis di Singapura, bantuan gerobak diberikan pada sepuluh PKL dengan nilai Rp 1.670.000 per gerobak.

“Bantuan gerobak ini diharapkan membuat para pedagang memiliki kesadaran dalam menjaga lingkungan dan ketertiban kampung, termasuk tidak membuang limbah cair di saluran air hujan. PKL juga harus menyediakan tempat sampah serta surat ijin lokasi berjualan,” ungkap Ketua RW 9 Pujowinatan, Purwokinanti, Rusbandi kepada Koran Bernas disela acara, Kamis (5/4/2018).

Baca Juga :  Butuh Waktu Cukup Lama Pulihkan Dusun Sompok

Bantuan tersebut, menurut Rusbandi diharapkan juga meningkat nilai ekonomis makanan yang dijual PKL. Mereka pun dapat menjaga kebersihan beragam menu makanan lokal yang dijual.

Dari 30 PKL di kawasan Purwokinanti, sepuluh PKL yang mendapatkan gerobak diantaranya Maryani, Hugo Sumarjo, Sumarni, Ngatinem. Selain itu Supartono, Sukinem, Nita, Murtiyah dan Yuli Ruwadi.

“Bantuan secara simbolis dilakukan oleh wakil walikota yang berpesan warga bisa menjaga komitmen pada program-program yang sudah dijalankan,” jelasnya.(yve)