Grand Final Dimas Diajeng Digelar Minggu Malam

203

KORAN BERNAS.ID JOGJA — Pemerintah Kota Jogja melalui Dinas Pariwisata bekerjasama dengan Paguyuban Dimas Diajeng Jogja kembali menggelar Pemilihan Dimas Diajeng Kota Yogyakarta 2017. Babak Grand Final untuk pemilihan Dimas Diajeng 2017 Kota Jogja akan digelar Minggu malam di Pagelaran Kraton Jogja.

Kabid Pengembangan dan Pemasaran Pariwisata Dinas Pariwisata Kota Jogja, Yetti Martanti, menerangkan perhelatan ini merupakan salah satu bentuk upaya dalam melestarikan budaya dan pariwisata di Kota Jogja.

“Gelaran ini menjadi misi untuk mengajak dan melibatkan anak muda dalam bidang pariwisata dan budaya, sekaligus untuk membentuk karakter generasi muda yang sawijigregetsengguh, dan ora mingkuh,” kata Yetti dalam acara jumpa pers penyelengaraan Dimas Diajeng Kota Yogyakarta 2017, Kamis (20/7) siang, di Hotel Nueve Jogja.

Lebih lanjut, Yetti menuturkan, gelaran Pemilihan Dimas Diajeng tahun ini memiliki metode baru dalam melakukan seleksi, jika pada tahun lalu hanya sebatas menggunakan metode seleksi administratif, pada tahun ini peserta harus melalui tahapan live audition dengan menampilan bakat mereka di acara Jogja Kreatif Car Free Day.

Metode ini menurut Yetti dilakukan agar peserta yang nantinya lolos dan menjadi finalis memiliki kualitas yang bagus. “Setelah melalui tahapan live audition, barulah peserta mengikuti tes psikologi dan wawancara dengan Juri. Dari tahap ini akhirnya terpilih 30 finalis. Grand Final sendiri akan berlangsung pada hari Minggu (23/7) malam di Pagelaran Kraton Yogyakarta,” tutur Yetty.

Baca Juga :  Ini Cara Pemda DIY Antisipasi Joki CPNS

Yetti menambahkan, para finalis tersebut akan diberi bekal materi terkait pariwisata seperti pengenalan karakter berbasis budaya jawa, wawasan pemerintahan dan tugas Dimas Diajeng, serta public speaking. Para finalis juga diberi kesempatan untuk membuat social culture program Niwasana Jumputan di Kampung Tahunan melalui konsep jelajah kampung wisata dalam misi mempromosikan kuliner, kerajinan tangan, batik jumputan dan wayang. Selain itu finalis juga diberikan kesempatan untuk melakukan kolaborasi dengan seniman lokal dalam pertunjukan teater dengan lakon Wijaya Wijayanti yang telah dilaksanakan pada hari Sabtu (15/7) lalu.

Sementara, Plt. Kepala Dinas Pariwisata Kota Jogja, Yunianto Dwi Sutono berharap Dimas Diajeng terpilih nantinya mampu mengemban tugas sebagai Duta Pariwisata Kota Jogja sekaligus mampu menjadi duta anak muda Jogja yang menjadikan Paguyuban Dimas Diajeng tidak sebatas tempat untuk belajar mengembangkan diri, namun juga melakukan sesuatu dengan program nyata yang bermanfaat untuk Kota Jogja.

Baca Juga :  Salut, 65 Persen Lansia Masih Produktif

“Generasi muda yang tergabung pada Dimas Diajeng Kota Yogyakarta ini akan mengemban tugas tidak hanya menjadi Duta Pariwisata, namun juga sebagai icon anak muda Jogja yang percaya diri, inovatif, kreatif dan memiliki dedikasi terhadap pembangunan Kota Yogyakarat,” ungkap Yunianto. (ros)