Gudang Keramik Hangus Terbakar

91
Sisa kebakaran Gudang keramik milik Narto di Dusun Kalipucang Desa Bangunjiwo Kasihan Bantul. (istimewa)

KORANBERNAS.ID — Kebakaran terjadi siang bolong sekitar pukul 12:00 menghanguskan gudang keramik milik Narto (46) warga Dusun Kalipucang Desa Bangunjiwo Kecamatan Kasihan Bantul, Minggu (17/09/2018).

Diduga api berasal dari lokasi pembakaran lahan tebu yang berada di timur dan selatan gudang sehingga merembet ke lokasi.

Keterangan yang diperoleh koranbernas.id, kejadian itu pertama kali diketahui oleh pemilik gudang. Narto baru saja pulang dari hajatan di tempat tetangganya.

“Saat sampai rumah saya mendengar seperti suara bambu dan kayu terbakar. Segera saya cek ke sumber suara ternyata gudang keramik milik saya terbakar,” kata Narto kepada petugas. Gudang itu memang terbuat dari kayu kombinasi bambu dengan atap seng.

Baca Juga :  Terinspirasi Koran Bernas, DPRD Gunungkidul Ke Purbalingga

Dibantu tetangganya bernama Temon (67), mereka menghubungi petugas. Tidak berapa lama dua unit mobil Damkar milik BPBD Bantul tiba di lokasi dan memadamkan si jago merah. Akibat peristiwa tersebut Narto mengalami kerugian sedikitnya Rp  80 juta.

Kerugian meliputi tungku pembakaran seharga Rp 20 juta, mesin penggiling seharga Rp 12 juta, rak tempat keramik terbuat dari kayu seharga Rp 15 juta dan alat-alat gudang senilai Rp 30 juta.

Sementara di sebelah selatan dan timur gudang terlihat persawahan untuk menanam tebu, yang telah ditebang. Pembersihan rapak atau daun tebu dilakukan dengan cara dibakar sehingga api cepat menjalar ke lokasi-lokasi yang berbahan mudah terbakar. Termasuk  menjalar  ke  gudang keramik milik korban. (sol)

Baca Juga :  Empat Tahun Sarihusada Rintis Rumah Srikandi di Nanggulan