Gunung Merapi Masih Jadi Perhatian

Bupati Sleman Kukuhkan Pengurus FK Taruna Siaga Bencana

112
Bupati Sleman Drs H Sri Purnomo MSI mengukuhkan FK Tagana Kabupaten Sleman Masa Bakti Tahun 2018-2021. (istimewa)

KORANBERNAS.ID — Sebanyak 26 Pengurus Forum Koordinasi Taruna Siaga Bencana (FK Tagana) Kabupaten Sleman Masa Bakti Tahun 2018-2021 dikukuhkan oleh Bupati Sleman Drs H Sri Purnomo MSI di Pendopo Rumah Dinas Bupati Sleman, Rabu (04/07/2018).

Kepala Dinas Sosial Sleman Sri Murni Rahayu SH menyampaikan pengukuhan tersebut mengacu hasil musyawarah pembentukan Forum Koordinasi Tagana Kabupaten Sleman pada 13 Mei 2018, kemudian dituangkan dalam Surat Keputusan Kepala Dinas Sosial Kabupaten Sleman tentang pembentukan pengurus FK Tagana Kabupaten Sleman masa bakti 2018-2021.

“Kegiatan pengukuhan ini dimaksudkan untuk menguatkan pengurus FK Tagana Kabupaten Sleman dalam membantu Pemerintah Kabupaten Sleman untuk perlindungan sosial dalam penanggulangan bencana baik pada saat pra-bencana, saat tanggap darurat maupun saat pasca-bencana serta tugas-tugas penanganan permasalahan sosial lainnya terkait dengan penanggulangan bencana,” papar Sri Murni Rahayu, saat menyampaikan laporannya.

Baca Juga :  Di Sleman Ada 16 Aliran Kepercayaan

Usai mengukuhkan sejumlah pengurus FK Tagana Kabupaten Sleman, Bupati Sri Purnomo mengatakan, FK Tagana harus mampu lebih berdaya membantu masyarakat khususnya masyarakat yang menghadapi bencana.

“Dengan adanya FK Tagana ini, tentunya nanti kegiatan-kegiatan Tagana dapat terkoordinasi dengan baik, kemudian juga dapat lebih berdaya,” ujar Sri Purnomo.

Dia juga memaparkan kondisi Kabupaten Sleman memiliki potensi terjadinya berbagai bencana. Terlebih yang menjadi perhatian saat ini yaitu Gunung Merapi.

Menurutnya, Gunung Merapi merupakan salah satu gunung aktif di Indonesia. Untuk itu diperlukan kualitas yang baik, tingkat kesehatan yang baik dan skill yang baik dari setiap anggota Tagana Kabupaten Sleman.

Hal tersebut dapat terpenuhi dengan adanya koordinasi yang baik antar-pengurus Tagana serta kebersamaan, saling tolong menolong dan saling melengkapi kekurangan. (sol)

Baca Juga :  Puskesmas Sewon 1 Lepas Karyawan Purna Tugas