Gunung Mungker, Destinasi Wisata Baru Yang Siap Meledak

1952

KORAN BERNAS.ID BANTUL – Satu lagi destinasi wisata di Kabupaten Bantul yang akan menyedot perhatian publik. Gunung Mungker yang berada di perbatasan Dusun Pencit Rejo dan Dusun Sendangsari Desa Terong Kecamatan Dlingo, saat ini  terus dikembangkan oleh pemerintah desa setempat.

Lurah Desa Terong Welasiman menggandeng Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Desa (LPMD) untuk pengembangan bersama masyarakat sekitar. Dalam waktu dekat, dirinya akan membentuk Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) untuk pengelolaan.

“Sekarang penyempurnaan demi penyempurnaan terus kita lakukan agar Gunung Mungker semakin bagus ketika dikunjungi,” kata Welasiman kepada Koran Bernas, Minggu (13/8) siang.

Langkah penyempurnaan yang telah dilakukan, seperti pembuatan wahana untuk berswafoto yaitu spot foto berbentuk hati dan bertuliskan “Gunung Mungker”. Tulisan ini bisa menyala ketika malam  hari.

Baca Juga :  Menjelajah Desa Serang Serasa di Lembang

Akses jalan menuju puncak Gunung Mungker juga telah dilakukan pengaspalan model hot mix sehingga memudahkan akses bagi wisatawan. Sedangkan untuk tempat parkir dan lapangan juga diperkeras guna memberikan kenyamanan dan kemudahan bagi pengunjung.

“Dari Gunung Mungker yang lokasinya berada di tanah kas desa ini pengunjung bisa melihat pemandangan Jogja dari atas, termasuk juga Gunungkidul,” katanya.

Sejumlah hal eksotis yang bisa dinikmati wisatawan adalah panorama matahari terbit (sunrise) ataupun matahari tenggelam (sunset) dari Gunung Mungker. Selain itu sedang dikembangkan juga kebun buah seperti durian, manggis, mangga, jeruk, jambu air, kelengkeng, pisang dan  jambu darsono.

“Saya berharap kelak wisata ini akan memberi dampak positif bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat,” katanya.

Baca Juga :  Ada Istana Burung di Imogiri Bantul

Anggota Komisi A DPRD Bantul Amir Syarifudin mengapresiasi  terobosan yang dilakukan oleh Pemerintah Desa (Pemdes) Terong dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Wisata di Dlingo semakin maju dan berkembang dengan kian banyaknya destinasi wisata yang bisa dipilih,”katanya,  (sra/ros)