Gunungkidul Jadi Gudang Dalang Wayang Kulit

1175
Salah seorang dalang mengikuti festival dalang di Bangsal Sewokoprojo Wonosari, Senin (27/11/2017). (st aryono/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID — Kabupaten Gunungkidul menjadi salah satu daerah di DIY yang menjadi gudangnya dalang wayang kulit. Gunungkidul kini mempunyai ratusan dalang baik yang masih anak-anak maupun usia dewasa.

“Jumlah dalang mencapai ratusan orang tersebar di 18 kecamatan. Selama ini yang sudah aktif mengikuti berbagai lomba pedalangan untuk usia dewasa sudah 80-an orang dalang lebih. Sedang yang anak-anak lebih 40 orang,” kata Kepala Seksi Pelestarian dan Pengembanggan Nilai Budaya, Dinas Kebudayaan Gunungkidul, Dwijo Winarto di sela pelaksanaan festival pedalangan tingkat Gunungkidul, di Bangsal Sewokoprojo Wonosari, Senin (27/11/2017).

Bahkan diantara para dalang itu sudah ada yang menjadi juara tingkat nasional.

“Beberapa waktu lalu dalang muda dari Kecamatan Playen, Gilang Thomas Kumolo yang mewakili DIY, berhasil menjadi juara tingkat nasional,” katanya.

Baca Juga :  Mantan Sekda Purworejo Meninggal Saat Tenis

Tidak hanya itu, dalang katagori anak-anak, Fajar Satria Widiyatno siswa kelas IV SDN Wonosari baru warga Semanu, juga menjadi juara dalang tingkat nasional dengan menggondol juara penyaji lakon terbaik.

Ditambahkan, dengan predikat gudang wayang kulit, maka pemkab terus melakukan pembinaan, diantaranya dengan menggelar lomba ataupun festival.

Untuk kegiatan festival pedalangan tingkat Gunungkidul diikuti 18 peserta katagori dewasa, remaja dan anak-anak. Festival selama 2 hari ini memperebutkan tropi bupati dan sejumlah uang pembinaan.

Adapun juaranya lomba dalang ini meliputi kategori dewasa, juara 1 Albertus Juang Perkasa, dari Wonosari, juara 2 Panut Maryadi (Gedangsari) ,juara 3 Sukoco Hadi Wariso, (Ngawen), juara 4 Rusdiyanto, (Rongkop), Juara 5 Cermo Hadi Sutrisno, (Nglipar).

Baca Juga :  Merah Putih Berkibar di Bukit Klangon

Untuk kategori remaja, juara 1 Gymna Cahyo Nugroho, juara 2 Ninda Rohmi Atika, juara 3 Fahri Shodiq, juara 4 Ichsan Kurniawan, juara 5 Bintang Setyo Nugroho. Kategori anak, juara 1 Nando Kusumawarih, juara 2 Raenori Gandhi, juara 3 Sang Bima Sena, juara 4 Bintang Ramadan, juara 5 Ahmad Rosyid. (yve)