Guru dan Siswa Terkena Semburan Api Las Karbit

748

KORANBERNAS.ID — Agus Nugroho (17), siswa SMK swasta di Nanggulan Kulonprogo serta seorang guru, Muh Lutfi (49), Senin (06/11/2017), dilarikan ke Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Nanggulan.

Keduanya mengalami luka bakar pada sebagian tubuhnya ketika terjadi kebocoran alat las karbit atau acetylene.

Informasi yang dihimpun di lapangan, hari itu saat para siswa sedang praktikum, Agus Nugroho mencoba menyalakan stik alat las. Peralatan milik sekolah itu ternyata tidak dapat menyala.

Kemudian stik yang diduga tersumbat diketuk-ketuk dengan suatu benda, kemudian ujung stik kembali disulut dengan korek api.

Saat disulut itulah justru terjadi letusan. Yang menyala bukan stik las, sebaliknya selang alat las terlepas dan menyemburkan api.

Baca Juga :  Pekerja Rumahan Belum Dihargai

Akibatnya, sebagian tubuh Agus sebelah kanan berupa tangan dan lainnya melepuh terbakar.  Muh Lutfi yang berusaha menolong juga mengalami luka bakar namun tidak separah Agus.

Kedua korban dilarikan ke RS PKU Muhamamdiyah Yogyakarta. Sang guru, Muh Lutfi mengalami luka bakar sekitar 10 persen pada bagian wajah.

Sedangkan sang murid Agus Nugroho mengalami luka bakar 30 persen pada bagian tangan, wajah, perut dan bahu.

Kapolsek Nanggulan AKP Bambang Harun P mengatakan pihaknya sudah melakukan pemeriksaan atas kejadian tersebut.

“Setelah mendapatkan laporan kemudian kami langsung melakukan oleh TKP. Penyebabnya adalah kebocoran gas ketika selang terlepas,” kata Bambang.

Api gas alat las yang menyala dan membakar beberapa alat lain, berhasil dipadamkan dengan alat pemadam kebakaran. (wid)

Baca Juga :  Tour de Prambanan, Event Menantang untuk Pesepeda