Guru SLB Juarai Lomba Macapat

388

KORANBERNAS.ID — Seorang guru SLB PGRI Minggir, Haryanto SPd, berhasil menjadi juara I lomba macapat yang dilaksanakan  di pendapa Rumah Dinas Bupati Sleman, Selasa (12/09/2017). Keputusan ini disampaikan tim juri yang terdiri  Dra Sutrisni MHum (ISI Yogyakarta), Sri Wahyuni Ssi (SMKI Yogyakarta) dan Prajoswasana (SMSS).

“Dari hasil penilaian, juara pertama mendapatkan nilai 1.225 dan berhasil mendapatkan hadiah sebesar Rp 4 juta,” kata HY Aji Wulantara SH Mhum, Kepala Dinas Kebudayaan Sleman, di kantornya Kamis (14/09/2017).

Juara II diraih Iswanti Nurcahyani SPd dari SMPN 3 Pakem dengan nilai 1.218, juara III Dwiyanto dari SDN Kebonagung Minggir dengan nilai 1.217. Juara II dan juara III masing-masing mendapatkan hadiah Rp 3,5 juta dan Rp 3 juta.

Sedangkan juara harapan I adalah Agus Suprapto SPd MM dari Kecamatan Sleman dengan nilai 1.212 dengan hadiah Rp 2,5 juta. Juara harapan II Ema Sutami dari SDN Sardonoharjo I Ngaglik dengan nilai 1.198 mendapat hadiah Rp 2 juta dan juara harapan III Haryana SPd dari SDN Sukasari dengan nilai 1.173,5 mendapat hadiah Rp 1,5 juta.

Menurut Aji, dari 70 orang peserta yang terdiri laki-laki 32 orang, guru perempuan 38 orang, membawakan tembang wajib Sekar Dhandhangula Majasih Laras Slendo Manyura dengan tembang pilihan Sekar Sinom Ginonjing Laras Pelog Nem, Sekar Pangkur Paripurna Laras Pelog Barang dan Sekar Durma Kawin Laras Pelog Barang.

“Maksud dan tujuan lomba macapat antarguru di Sleman tersebut untuk menumbuhkan rasa cinta terhadap seni sastra khususnya macapat,” kata dia.

Selain itu  juga sebagai sarana melestarikan dan mengembangkan seni macapat di sekolah se-Kabupaten Sleman, maupun sebagai sarana lomba bagi penggemar macapat.

Budaya Jawa perlu digali dan ditelaah serta dikemas dalam wujud yang lebih kekinian,  sehingga dapat diterima dan dicerna oleh  masyarakat, lebih-lebih oleh para anak-anak didik. (bid jalasutra)