Gusti Yudha pun Turun ke Dusun

343
Pertunjukan wayang kulit dengan dalang Ki Ir Sumarsono MSc memeriahkan Merti Dusun di Padukuhan Karanglo Desa Sidomoyo Kecamatan Godean Sleman, Sabtu (22/07/2018) malam. (istimewa)

KORANBERNAS.ID — Bupati Sleman Drs H Sri Purnomo MSI menghadiri acara Merti Dusun di Padukuhan Karanglo Desa Sidomoyo Kecamatan Godean, Sabtu (22/07/2018) malam. Kegiatan tersebut diadakan oleh warga Padukuhan Karanglo dalam rangka menjalin kerukunan antarmasyarakat.

Sri Purnomo mengatakan dengan adanya kegiatan tersebut seluruh masyarakat terlibat dan berperan aktif sehingga terbangun komunikasi yang baik antarwarga. Dia berharap kegiatan semacam ini terus dilestarikan.

“Saya bangga. Meskipun lingkupnya padukuhan, tapi bisa membuat acara seperti ini. Maka saya berharap acara ini dapat memicu semangat warga di sini untuk membangun Padukuhan Karanglo,” kata Sri Purnomo.

Dua orang kerabat Keraton Yogyakarta yaitu Gusti Bendara Pangeran Haryo (GBPH) Yudhaningrat dan GBPH Prabukusumo pun turun ke dusun dan ikut menghadiri acara tersebut.

Baca Juga :  Ini Cara Tangani Anak yang Berhadapan dengan Hukum

GBPH Yudhaningrat atau yang akrab dipanggil Gusti Yudha menuturkan pentingnya menjalin hubungan antarsesama masyarakat (hablu minannas), dan hubungan antara manusia dengan Tuhan (hablu minallah).

“Ya seperti kegiatan seperti sekarang ini, seluruh warga berkumpul nonton wayang, ini bagian dari hablu minannas,” tuturnya.

Malam itu, Ki Ir Sumarsono MSc membawakan lakon Pemberontakan Waratha. Kegiatan Merti Dusun ini juga diisi berbagai kegiatan lain dalam waktu kurang lebih satu minggu lamanya. (sol)