Hanya 56 LSM-Ormas Yang Terdaftar di Kesbangpol

411

KORANBERNAS.ID–Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Klaten mencatat jumlah LSM dan organisasi kemasyarakatan (ormas) pada tahun 2017 ada 100. Namun dari jumlah itu, hanya 56 yang aktif dan memiliki surat keterangan terdaftar (SKT) di Kantor Kesbangpol.  40 diantaranya telah memiliki badan hukum.

Menanggapi ada banyak LSM dan ormas yang belum berbadan hukum itu, Kepala Kantor Kesbangpol Sigit Gatot Budiyanto menjawab tidak masalah.

“Tidak masalah kalau belum berbadan hukum.  Yang penting mereka ada AD/ART-nya. Dan yang telah berbadan hukum juga tidak harus didaftarkan tetapi diinformasikan,” kata Sigit.

Mantan Kabag Pembangunan itu menambahkan sesuai tugas dan pokok fungsinya (tupoksinya), maka kesbangpol memberikan pembinaan kepada ormas dan LSM tersebut. Adapun ketentuan baku ormas dan LSM kata dia, harus memiliki sekretariat, pengurus, AD/ART dan lain sebagainya.

Baca Juga :  Seleksi Perangkat Desa tanpa Intervensi

Ormas dan LSM di Kabupaten Klaten yang telah diidentifikasi pada umumnya bergerak di bidang sosial kemasyarakatan, sosial budaya, pertanian dan lain-lain. (SM)