Harga Beras Mulai Turun, Tapi Pedagang Belum Berani Beli Banyak

346
Suasana di Pasar Klaten, Sabtu (17/02/2018). Memasuki musim panen, harga beras juga mulai turun. (Masal Gurusinga/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID–Harga beras di pasar tradisional Klaten sudah turun menyusul mulainya panen padi di wilayah Kecamatan Trucuk dan Cawas. Meski terjadi penurunan, pedagang besar belum berani membeli dalam jumlah besar.

“Sudah ada penurunan mas. Tapi kami belum berani beli dalam jumlah banyak dan memenuhi kios karena ada kemungkinan akan turun lagi,” kata Satimin, pedagang beras di Pasar Klaten, Sabtu (17/02/2018)

Satimin menjelaskan jika sebelumnya beras jenis C4 dan IR 64 seharga Rp 12 ribu dan Mentik Wangi Rp 13.500/kg, maka sudah 3 hari ini turun menjadi Rp 11 ribu dan Rp 11.200. Sedangkan jenis Mentik Wangi tetap tidak turun.

Sementara itu Sumiyati, pedagang beras lain mengatakan, harga beras sudah turun namun belum signifikan karena belum memasuki panen raya. Bahkan panen baru terbatas di daerah tertentu seperti Cawas dan Trucuk.

Baca Juga :  Seleksi Perangkat Desa tanpa Intervensi

“Kalau di kampung saya Desa Senden Ngawen malah baru tanam. Tapi sedikit karena petani tanamnya tidak serentak. Empat bulan lagi baru panen,” ujarnya kepada koranbernas.id.

Jika panen raya terjadi di sentra-sentra pertanian kata dia, sangat mungkin harga beras akan turun signifikan. Terlebih lagi jika beras impot sudah beredar di pasar. (SM)