Harga Cabai di Kebumen Turun Drastis

578
Petani cabai rawit di Desa Lembupurwo Kebumen, menyiram tanaman cabai, Sabtu (26/8/2017)(nanang wh/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID — Harga jual cabai di Kebumen semakin turun di Kebumen selama tiga hari terakhir ini. Hargas saat ini bahkan terendah dalam kurun waktu lima tahun terakhir.

Petani cabai hanya mampu menjual harga cabai rawit Rp 6500 per kg.
Seperti dituturkan Mugi Riyadi (26) petani warga Desa Lembupurwo, Kecamatan Mirit, Kabupaten Kebumen, Sabtu (26/8/2017), tengkulak yang biasa membeli cabai petani hanya berani membeli Rp 6500 per kg.

“Petik pertama sebanyak 70 kg, hanya dibeli serendah itu. Diperkirakan masih ada 5 – 7 kali petik. Pada musim tanam padi kali ini, kami menanam 1.200 an batang cabai rawit,” ungkapnya.

Kepala Bidang Hortikultura pada Dinas Pertanian Peternakan dan Pangan Kebumen Ir Mahasin mengatakan, hampir tidak ada serangan hama dan penyakit pada tanaman cabai. Sehingga hasil panennya lebih baik . Pengamatan di daerah pesisir Kecamatan Mirit, sebagian besar tanaman cabai baru awal tanam.

Baca Juga :  Densus 88 Tangkap Pemuda di Terminal Bus

“Berbeda dengan tanaman cabai di pesisir selatan Kabupaten Purworejo, seperti di Kecamatan Grabag dan Ngombol, sebagian besar tanaman cabai akhir panen,” jelasnya. (yve)