Harga Cabai Rawit Paling Murah

302
Stok cabai rawit di tangan pedagang cukup banyak. Seperti nampak di sebuah lapak pedagang kaki lima di Pasar Tumenggungan, Kebumen, Minggu (24/09/2017).(nanang w hartono/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID–Harga cabai rawit hingga Minggu (24/09/2017) masih termurah dibanding dengan cabai jenis lain. Harga cabai rawit di Pasar Tumenggungan, Kebumen hanya Rp 7.000 per kg. Harga jual  di  kebun petani paling tinggi Rp 5.000 per kg.

Cabai hasil petani di Kecamatan Mirit, Ambal, Buluspesantren, dan daerah pesisir selatan Kabupaten Kebumen, dipasarkan di sejumlah pasar di Kabupaten Kebumen. Seperti di Pasar Tumenggungan, pasar terbesar di kota Kebumen.

“Panennya masih melimpah. Kalau pedagang biasanya menjual dengan harga 10.000 rupiah. Tapi masih bisa ditawar,” kata seorang pedagang di Pasar Tumenggungan.

Hargai cabai rawit setelah tawar menawar hanya Rp 7000 per kg. Jika membeli eceran kurang dari sekilo, lebih mahal. Misalnya membeli setengah kilogram harganya Rp 4.000.

Untuk komoditi jenis lain yakni cabai merah keriting masih lebih mahal.  Cabai jenis ini umumnya bukan hasil panen petani Kebumen, sehingga harga jualnya masih berkisar Rp 15.000 – Rp 17.000 per kg.

Beberapa konsumen cabai mengaku bersyukur tapi juga merasa iba,  dengan rendahnya harga cabai  lebih dari sebulan  terakhir ini.  Namun demikian, mereka tidak memilih memborong cabai dalam jumlah banyak.

“Paling banyak satu kilo. Hanya untuk dibikin sambal. Sekilo sudah cukup untuk satu pekan,” ujar seorang ibu pembeli cabai rawit. (SM)